Prakiraan Hilal Awal Puasa 22 Maret 2023 Jelang Sidang Isbat

Prakiraan Hilal Awal Puasa 22 Maret 2023 Jelang Sidang Isbat

ilustrasi.

Jakarta - Jelang sidang Isbat malam nanti, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyediakan live streaming rukyat untuk menetapkan awal puasa Ramadan 2023 . Masyarakat bisa menyaksikan langsung pemantauan hilal di 29 lokasi di Indonesia.

 

BMKG menyatakan bahwa siaran langsung tersebut adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menyaksikan aktivitas rukyat oleh BMKG dan pemangku kepentingan lainnya.

Pemantauan hilal teresebut, jelas BMKG, adalah bagian dari tugas pelayanan tanda waktu dan posisi bulan serta matahari kepada seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Tentukan Awal Puasa, Kemenag Gelar Sidang Isbat pada 22 Maret 2023

"BMKG memberikan pertimbangan secara ilmiah kepada stakeholder dalam penentuan awal bulan Hijriyah," kata BMKG dalam situs resminya, dikutip (22/3/2023).

BMKG menjelaskan bahwa pemantauan hilal dilakukan berdasarkan kalender Qomariyah, yang digunakan manusia untuk menentukan waktu berdasarkan keteraturan peredaran Bulan mengelilingi Bumi serta Bumi dan Bulan mengelilingi Matahari.

Awal tiap bulan Hijriyah penting bagi umat Islam karena berhubungan dengan ibadah, terutama pada bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Baca juga: Yusuf Sirat Ingatkan Pemkab Karimun Pantau Sembako dan Gas Melon saat Ramadhan

Layanan live streaming penentuan awal bulan Hiriyah disiarkan setiap bulan di situs BMKG yang bisa diakses di hilal.bmkg.id atau dengan mengklik tautan ini.

Informasi yang disampaikan di laman live streaming tersebut meliputi:

1. Waktu Konjungsi (Ijtima') dan Waktu Terbenam Matahari

2. Peta Ketinggian Hilal

3.  Peta Elongasi

4. Peta Umur Bulan

5. Peta Lag

6. Peta Fraksi Illuminasi Bulan

7. Objek Astronomis Lainnya yang Berpotensi Mengacaukan Rukyat Hilal

8. Data Hilal saat Matahari Terbenam untuk Kota-kota di Indonesia


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews