5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Jadi Menu Sahur

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Jadi Menu Sahur

Ilustrasi

Batam, Batamnews - Dalam rangka menjalankan ibadah puasa, sahur merupakan waktu yang sangat penting untuk mengisi tenaga dan mempersiapkan tubuh menghadapi aktivitas di siang hari. Namun, banyak orang yang salah dalam memilih makanan untuk sahur sehingga mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari.

Berikut ini adalah beberapa kandungan makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Makanan yang mengandung banyak gula

Makanan yang mengandung banyak gula seperti donat, kue manis, dan minuman bersoda sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan yang mengandung gula tinggi akan cepat membuat Anda merasa lapar dan haus, sehingga membuat Anda merasa tidak nyaman di siang hari.

2. Makanan berlemak tinggi

Makanan yang berlemak tinggi seperti ayam goreng, daging sapi, dan makanan cepat saji sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan pencernaan menjadi lambat dan menyebabkan perut terasa kenyang dalam waktu yang lama. Ini bisa menyebabkan Anda merasa lelah dan tidak bertenaga saat berpuasa.

3. Makanan asin dan pedas

Makanan asin dan pedas seperti kerupuk, keripik, dan makanan yang dibumbui pedas sebaiknya dihindari saat sahur. Makanan asin dapat membuat Anda merasa dehidrasi dan membuat Anda merasa haus di siang hari, sedangkan makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada perut dan lambung.

4. Minuman kafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari saat sahur. Kafein dapat mengganggu pola tidur dan membuat Anda merasa kurang bertenaga di siang hari. Sebaiknya ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih atau jus buah.

5. Makanan yang mengandung banyak garam

Makanan yang mengandung banyak garam seperti mi instan, sosis, dan makanan kaleng sebaiknya dihindari saat sahur. Garam dapat membuat tubuh Anda dehidrasi dan membuat Anda merasa haus di siang hari. Sebaiknya pilih makanan yang lebih sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur sebaiknya mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat. Karbohidrat kompleks seperti nasi dan roti gandum akan memberikan energi yang lebih lama, sedangkan protein dan serat akan membantu membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Sebaiknya makan sahur 2-3 jam sebelum waktu imsak untuk memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi di siang hari.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews