Ada Potensi Wisata Panen Madu di Tembesi Bengkel Batam

Ada Potensi Wisata Panen Madu di Tembesi Bengkel Batam

Kadispar Batam, Ardiwinata saat kegiatan panen madu klanceng atau trigona di Kampung Tembesi Bengkel, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Minggu (5/3/2023).

Batam, Batamnews - Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengadakan kegiatan panen madu klanceng atau trigona di Kampung Tembesi Bengkel, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batu Aji, Minggu (5/3/2023).

Kegiatan ini sekaligus memperkenalkan bahwa di Tembesi Bengkel terdapat kegiatan ternak lebah madu yang juga menjadi destinasi wisata agro.

Ketua RT. 04 Tembesi Bengkel, Salimun, yang juga petani lebah madu, mengatakan bahwa mereka berani berternak Lebah Trigona karena ingin memperkenalkannya sebagai potensi wisata agro. 

Baca juga: Puluhan Ekor Ikan Manyuk Rampai Merapat ke Pantai Semaros Natuna, Warga Panen

"Kami berharap agar pemerintah dan pihak lainnya dapat memberikan masukan dan bantuan agar ternak lebah madu ini bisa berkembang dan menghasilkan madu yang lebih banyak lagi serta dikenal ke manca negara," ucapnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, merasa terkesan karena Batam juga memiliki potensi wisata panen madu lebah. 

Meskipun lokasi Tembesi Bengkel memiliki potensi sebagai destinasi wisata, namun masih ada persoalan dari segi akses. Oleh karena itu, Ardiwinata berharap agar akses, amenitas, dan atraksi dapat diperbaiki untuk meningkatkan potensi wisata di lokasi tersebut. 

Baca juga: Gubernur Kepri Ansar Ahmad Panen 10 Ton Bawal Bintang di Bintan, Nilai Ekonomis Tembus Rp 1,2 Miliar

"Kedepan bisa juga dikembangkan home stay, dimana Wisatawan bisa tinggal dan beratraksi dengan masyarakat.

Untuk membiayai pengembangan potensi wisata panen madu lebah di Tembesi Bengkel, Ardi menyebutkan beberapa sumber pendanaan yang bisa dimanfaatkan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), program dana bergulir pinjaman 100 juta dari Pemerintah Kota Batam dengan bunga yang kecil, dan sumber-sumber pendanaan lainnya yang bunganya tidak memberatkan.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews