BMKG: Gelombang Perairan Kepri Ancam Keselamatan Transportasi Laut, Bisa Capai 3,5 Meter

BMKG: Gelombang Perairan Kepri Ancam Keselamatan Transportasi Laut, Bisa Capai 3,5 Meter

Ilustrasi.

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Cuaca buruk di perairan Kepulauan Riau sangat membahayakan bagi transportasi laut dan nelayan. Gelombang dan arus yang kencang menjadi pemicu utamanya. 

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, memperkirakan, cuaca buruk itu bisa bisa mengancam keselamatan.

 

Terutama di wilayah Perairan Natuna dan Anambas.

 

"Untuk aktivitas kelautan dihimbau agar lebih berhati-hati terhadap gelombang laut yang tinggi serta arus laut yang cukup kuat terutama di wilayah Perairan Natuna dan Anambas," kata Prakirawan BMKG Batam Adhitya Prakoso kemarin.

 

Ia memperkirakan gelombang di Perairan Natuna dan Anambas mencapai 3,5 meter dengan kecepatan arus 85 cm per detik arah utara.

 

Sedangkan untuk transportasi darat dan udara, BMKG mengatakan masih relatif aman.

 

BMKG memperkirakan cuaca Kepri pada umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga lebat yang terkadang disertai petir.

 

Ia mengatakan terdapat daerah bertekanan udara rendah di sekitar Laut Cina Selatan, sebelah Barat Laut Pulau Kalimantan, menyebabkan banyak massa udara yang terkonsentrasi di daerah tersebut.

 

Akibatnya, beberapa daerah di Kepulauan Riau mengalami defisit kelembaban udara yang kurang mendukung dalam proses pertumbuhan awan-awan konvektif.

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews