Misteri Blackout Listrik di Batam, Tumbur Sihaloho Terheran-heran

Misteri Blackout Listrik di Batam, Tumbur Sihaloho Terheran-heran

Anggota Komisi I DPRD Batam, Tumbur M Sihaloho. (Foto: Juna/Batamnews)

Batam - PLN hingga kini belum menyimpulkan penyebab utama blackout listrik di Batam-Batam saat momen tahun baru. 

Hal yang akhirnya merembes ke gangguan layanan publik lainnya. Sekretaris Komisi I DPRD Batam, Tumbur M Sihaloho pun mengaku terheran-heran dengan hal ini.

"Kalau disebut masalahnya ada di sistem, itu sistem yang gimana? Sistem internal atau sistem eksternal? Sistem ini kan banyak. PLN harusnya menjelaskan detail mengenai penyebabnya," kata Sekretaris Komisi I Batam, Tumbur M Sihaloho, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: PLN Batam Pastikan Listrik Batam Pulih 100 Persen

Ia menduga jika penyebab blackout ialah salah perhitungan kapasitas. Bisa saja kapasitas yang ditampung melebihi atau over.

"Apa masalahnya mereka (PLN) harus menjelaskan secara rinci sehingga masyarakat tidak menduga-duga dan curiga. Misal yang ditampung pada malam tahun baru over dari kapasitas, jadinya listrik drop," ujar dia.

Ia ingin hal ini tak terulang kembali di masa yang akan datang. Terlebih sebelumnya PLN sudah memastikan jika pasokan listrik aman di natal dan tahun baru.

Baca juga: Listrik Batam Blackout Misterius di Tahun Baru, Ombudsman: Sabotase atau Human Error?

Tumbur juga kecewa dengan Wali Kota Batam Rudi. Menurut dia harusnya kepala daerah bisa menyampaikan ke publik dan berkomunikasi dengan PLN Batam soal kendala tersebut. 

"Memang dia (Wako) tidak tau. Tapi setidaknya sebagai kepala daerah bisa mencoba konfirmasi ke PLN, sehingga masyarakat tau apa penyebabnya. Kalau memang itu kesalahan sistem, secara logika berfikir masyarakat mungkin bisa menerima karena ini soal teknologi," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews