Begini Wajah Firaun Mesir Zaman Nabi Musa, Hasil Rekonstruksi Ilmuwan

Begini Wajah Firaun Mesir Zaman Nabi Musa, Hasil Rekonstruksi Ilmuwan

Rekonstruksi wajah Ramesses II. (Liverpool John Moores University)

Batam - Berkat teknologi canggih, sekelompok ilmuwan Inggris berhasil merekonstruksi wajah firaun Ramesses II, raja Mesir kuno paling berkuasa pada 3.200 tahun silam yang disebut-sebut berada di zaman Nabi Musa.

 

Tim ilmuwan dari Universitas John Moores Liverpool bersama rekan mereka dari Mesir menampilkan wajah raja kuno itu dengan model 3 dimensi dari tengkorak wajahnya.

Dilansir laman Express, Sabtu (24/12/2022), dari tulang kerangka wajahnya ilmuwan membalikkan proses penuaan hampir separuh abad untuk mengungkap seperti apa paras sang raja ketika berkuasa.

Baca juga: Arkeolog Temukan Harta Karun dari Ratusan Mumi Mesir 500 Tahun Sebelum Masehi

Proses rekonstruksi wajah itu berdasarkan pemindaian CT dari tulang kerangka wajah aslinya.

Caroline Wilkinson direktur Face Lab di Universitas John Moores yang merekonstruksi wajah sang raja menjelaskan kerumitan proses tersebut.

"Kami memakai model tomografi komputer (CT) dari tengkorak kepala itu agar bisa memberi bentuk 3D yang kemudian kami masukkan ke sistem komputer kami," kata Wilkinson.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kota Emas Berusia 3.000 Tahun di Mesir

"Lalu kami memiliki basis data dari anatomi wajah pra-model yang kami impor dan kemudian kami ubah agar sesuai dengan bentuk tengkorak kepala."

"Jadi sederhananya kami membuat bentuk wajah dari permukaan tengkorak kepala sampai ke permukaan wajah melalui struktur otot dan lemak kemudian akhirnya sampai ke permukaan kulit."

Bagaimana pun juga rekonstruksi wajah dari sosok raja yang sudah lama mati bukan tanpa tantangan. Tengkorak kepala itu sendiri tidak bisa mengungkap seluruh aspek dari wajah seseorang.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews