Menara Miring Pisa di Italia Kini Semakin Tegak

Menara Miring Pisa di Italia Kini Semakin Tegak

Menara Miring di Pisa, Italia. (Foto: via detikcom)

Roma - Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa Menara Miring di Pisa, Italia telah tumbuh secara vertikal hingga 4,06 sentimeter (cm) selama dua dekade terakhir.

Ikon terkenal di Italia ini memiliki kemiringan hampir empat derajat namun kemiringan tersebut telah lama mengkhawatirkan para insinyur dan sejarawan yang telah bekerja untuk menstabilkan menara selama lebih dari 11 tahun.

Saat proyek berakhir pada 2001, bangunan diluruskan 38 cm. Insinyur dilaporkan menggunakan ratusan ton pemberat timbal di pangkalan dan mengekstraksi tanah dari dasar lokasi bangunan.

Menurut lembaga swadaya masyarakat, Opera Primaziale della Pisana, selama 21 tahun terakhir menara miring menjadi lebih vertikal.

Organisasi konservasi tersebut mengatakan, kondisi Menara Miring Pisa saat ini sangat baik.

Profesor Geoteknik di Universitas Pisa, Nunziante Squeglia, mengatakan proyek tersebut membantu menara memperbaiki dirinya sendiri.

Menara yang merupakan salah satu bangunan paling terkenal di dunia ini dibangun sebagai bagian dari kompleks katedral pada tahun 1173.

Setelah sekitar lima tahun pembangunan, pondasi menara mulai mengendap dan menjadi tidak rata sehingga mempengaruhi kondisi bangunan menara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews