Google Perkenalkan Enkripsi End-to-End untuk Gmail

Google Perkenalkan Enkripsi End-to-End untuk Gmail

Gmail. (Foto: ist)

Jakarta - Google Workspace meluncurkan update keamanan baru di Gmail, menambahkan enkripsi end-to-end yang bertujuan untuk memberikan lapisan keamanan tambahan saat mengirim email dan lampiran di web.

Pelanggan akan terus memiliki kendali atas kunci enkripsi dan layanan identitas yang menyediakan akses ke kunci tersebut.

Pembaruan masih dalam tahap beta, tetapi pelanggan Workspace yang memenuhi syarat dengan akun Enterprise Plus, Education Standard, dan Education Plus dapat mengisi aplikasi untuk menguji program melalui pusat dukungan Google.

Setelah pembaruan enkripsi selesai, pelanggan Gmail Workspace akan menemukan bahwa informasi atau data sensitif apa pun yang dikirimkan tidak dapat didekripsi oleh server Google.

Baca: Selandia Baru Siapkan UU Wajibkan Google dan Facebook Bayar Konten Berita ke Media

Menurut pusat dukungan, jendela aplikasi akan dibuka hingga 20 Januari 2023, dan setelah pengguna mengakses fitur tersebut, mereka akan dapat memilih untuk mengaktifkan enkripsi tambahan dengan memilih tombol gembok saat menyusun email mereka.

Juru bicara Google Ross Richendrfer mengatakan bahwa meluncurkan enkripsi sisi klien "di seluruh layanan Workspace sangat penting bagi pengguna kami."

Dia mereferensikan pengumuman awal Google pada Juni tahun lalu yang mengatakan bahwa fitur baru ditambahkan ke perangkat lunak enkripsi sisi klien, dengan memungkinkan pengguna untuk mengontrol kunci enkripsi dan secara individual memutuskan siapa yang akan memiliki akses ke data mereka.

“Enkripsi sisi klien sangat bermanfaat bagi organisasi yang menyimpan data sensitif atau teregulasi, seperti kekayaan intelektual, catatan perawatan kesehatan, atau data keuangan,” Richendrfer merujuk pada email tersebut.

Fitur enkripsi akan dipantau dan dikelola oleh administrator pengguna dan muncul setelah Google mulai bekerja untuk menambahkan lebih banyak fitur enkripsi ke Gmail.

Baca: Google Kenalkan Fitur Baru Berbagi Otomatis, Namanya Nearby Share

Enkripsi sisi klien, atau CSE, ditambahkan ke Google Drive tahun lalu ketika perusahaan meluncurkan penawaran perusahaan baru yang memungkinkan bisnis mengenkripsi spreadsheet dan dokumen.

CSE sudah tersedia untuk Google Drive, termasuk di aplikasi seperti Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide. Itu juga ada di Google Meet, dan sedang dalam tahap beta untuk Kalender Google.

“Google Workspace sudah menggunakan standar kriptografi terbaru untuk mengenkripsi semua data saat istirahat dan dalam transit antar fasilitas kami,” kata Google dalam pengumumannya.

“Enkripsi sisi klien membantu memperkuat kerahasiaan data Anda sambil membantu mengatasi berbagai kebutuhan kedaulatan dan kepatuhan data,” tambahnya dilansir laman Gizmodo, Kamis (22/12/2022).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews