Jokowi: Jangan Lagi Penanaman 1 Miliar Pohon, tapi Ditanam Tak Ada Seribu

Jokowi: Jangan Lagi Penanaman 1 Miliar Pohon, tapi Ditanam Tak Ada Seribu

Presiden Jokowi (Foto: Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Batamnews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin program di bidang lingkungan hidup dan kehutanan lebih fokus dan konkret. Jokowi meminta tak ada lagi program penanaman pohon yang sebatas seremonial.

"Jangan nanti kayak dulu-dulu kalau penanaman, penanaman satu miliar pohon, saya hadir sering sekali itu. Saya jamin yang ditanam itu nggak ada seribu, saya jamin lagi yang hidup tuh nggak ada yang namanya seratus nggak ada," kata Jokowi saat membuka Rakernas Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup seperti ditayangkan di akun YouTube Setpres, Rabu (21/12/2022).

Jokowi mengatakan program lingkungan hidup itu bisa dimulai dari persemaian. Dia mencontohkan persemaian di Bogor dan Bali.

"Tapi kalau dimulai dari nursery-nya, seperti Bu Menteri KLH, ada nursery-nya di Rumpin di Bogor, berapa produksi bibitnya di situ, 12 juta, bisa dihitung, dan saya hitung 12 juta bener. Nursery center di Bali untuk urusan mangrove, berapa? 6 juta, dihitung betul-betul hamparan bibitnya itu ada 6 juta, ada ya itu bener 6 juta," kata Jokowi.

Setelah bibitnya sudah ada, tahap selanjutnya adalah pembagian bibit ke sejumlah daerah. Namun Jokowi mengingatkan kembali agar penanaman pohon itu betul-betul dikawal.

"Jangan sampai tadi judulnya kalau di backdrop-nya satu miliar, yang ditanam nggak ada seribu, yang hidup nggak ada 100. Saya pernah hitung, karena saya pernah ngitung. Nih berapa sih yang bener-bener ditanam, saya hitung," ujar Jokowi.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews