Final Piala Dunia 2022: Sejarah Pertemuan Argentina vs Prancis

Final Piala Dunia 2022: Sejarah Pertemuan Argentina vs Prancis

Argentina vs Prancis. (Foto: Reuters)

Batam - Timnas Argentina vs Prancis dalam final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) pukul 22:00 WIB. Ini bukan pertama kali kedua tim bertemu di ajang yang sama.

Sebelumnya, Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Kroasia di babak semifinal dengan skor 3-0 melalui dua gol Julian Alvarez dan satu gol milik Lionel Messi. Albiceleste sempat diragukan di awal kompetisi karena kalah dari Arab Saudi dalam laga pembuka penyisihan grup.

Kendati begitu, mereka bisa bangkit dan terus melaju hingga pertandingan akhir dalam pesta sepak bola empat tahunan ini.

Baca juga: 5 Rekor Ajaib Messi Usai Sukses Bawa Argentina ke Final Piala Dunia 2022

Sementara itu, Prancis memastikan tiket final setelah menundukkan Maroko dengan skor 2-0 melalui gol Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani. Di babak perempatfinal, mereka sempat bertemu lawan tangguh yakni Inggris. Namun pasukan Didier Deschamps bisa keluar sebagai pemenang dengan skor 2-1.

Dengan masing-masing kemenangan tersebut, Argentina vs Prancis bakal bertarung merebutkan peraih trofil Piala Dunia 2022.

Kembali ke pertemuan pertama kali kedua tim, Argentina melawan Prancis bermula di babak penyisihan Piala Dunia 1930, waktu itu namanya masih Kejuaraan Jules Rimet di Uruguay.

Baca juga: Kejutan, Timnas Argentina Dibungkam Arab Saudi 1-2

Piala Dunia 1930 diikuti 13 negara yang dibagi ke dalam 4 grup. Argentina dan Prancis berada di dalam pot yang sama yakni grup 1 bersama Chili dan Meksiko. Pertemuan Argentina vs Prancis terjadi di matchday ke-2.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parque Centra, Montevideo Argentina berhasil menang atas Les Bleus dengan skor 1-0 melalui gol yang diciptakan Luisito Monti. Pertandingan dipimpin wasit Almeida Rego dari Brasil dan disaksikan sekira 3.000 suporter.

Prancis tampil 'melempem' di Piala Dunia 1930, mereka hanya mampu menduduki peringkat 3 di klasemen dengan poin 2 hasil menang 1 kali (saat itu poin menang 2) saat kontra Meksiko dengan skor 4-1. Dengan posisi tersebut, mereka terpaksa gugur di babak grup.

Berbeda dengan Argentina, mereka tampil gahar hingga berhasil lolos sampai ke final bertemu tuan rumah Uruguay. Sayang, Uruguay lebih perkasa dan menang 4-2. Dengan hasil itu, Uruguay menjadi negara pertama peraih trofil Piala Dunia (Jules Rimet)

Berikut head to head Argentina vs Prancis selengkapnya:

1. 16 Besar Piala Dunia 2018: Prancis 4-3 Argentina

2. Uji Coba 2009: Prancis 0-2 Argentina

3. Uji Coba 2007: Prancis 0-1 Argentina

4. Fase Grup Piala Dunia 1978: Prancis 1-2 Argentina

5. Fase Grup Piala Dunia 1930: Prancis 0-1 Argentina.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews