Kampung Amsterdam Garut, Wisata Alam dan Budaya Ala Luar Negeri

Kampung Amsterdam Garut, Wisata Alam dan Budaya Ala Luar Negeri

Kampung Amsterdam Garut, Wisata Alam dan Budaya Ala Luar Negeri

APAKAH kamu memiliki impian pergi berlibur ke Belanda? Kini, untuk mewujudkannya kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Pasalnya, di Indonesia ada salah satu tempat yang kental dengan budaya Belanda, yakni Kampung Amsterdam Garut.

Seperti dikutip dari harapanrakyat.com, Kampung Belanda ini, merupakan salah satu perkampungan yang terletak di Garut, Jawa Barat. Lebih tepatnya lagi, kampung ini terletak di kaki Gunung Cikuray wilayah Kecamatan Cilawu.

Disebut sebagai kampung Belanda, keluarga yang tinggal di kampung tersebut merupakan keturunan Andre Joseph. Keturunan dari Andre Joseph hingga saat ini masih tinggal di sana, bahkan sudah mempunyai cucu.

Menurut pengakuan salah satu warga kampung tersebut, Andre Josseph pernah menikah sebanyak tiga kali. Masing-masing istrinya mempunyai dua hingga tiga anak yang tinggal di kampung Belanda tersebut.

Wisata Kampung Amsterdam Garut

Banyak keunikan yang bisa kamu temui ketika berkunjung ke kampung ini. Salah satunya, kampung ini mempunyai bangunan rumah dengan arsitektur kuno.

Meskipun begitu, bukti otentik sebagai peninggalan Belanda masih melekat dengan sempurna. Diantaranya, di kampung tersebut terdapat saluran air dengan ukuran raksasa yang mempunyai panjang hingga 300 meter.

Uniknya lagi, saluran air raksasa tersebut berfungsi sebagai media pengairan lahan perkebunan warga. Selain itu, warga kampung ini juga memanfaatkannya sebagai pasokan air bersih yang disalurkan ke rumah-rumah.

Sayangnya, beberapa bagian saluran air tersebut mengalami kerusakan setelah diterjang bencana puting beliung yang pernah terjadi di kampung tersebut.

Menyuguhkan Pemandangan yang Indah

Kampung Belanda ini mempunyai pemandangan alam yang mempesona. Sekeliling kampung ini dipenuhi oleh deretan bukit dan pegunungan.

Beberapa gunung yang menyita perhatian, yakni Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray. Kampung ini memiliki area perkebunan yang sangat luas, sehingga dapat menambah suasana semakin asri.

Salah satu perkebunan yang aktif adalah kebun kentang. Selain terkenal dengan sebutan kampung Amsterdam, sejumlah wisatawan menyebutnya sebagai kampung Belanda.

Bukan hanya sekedar kampung biasa, akan tetapi kampung ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang tepat. Bahkan, kamu bisa menginap dan menjajal rasanya tinggal bersama orang belanda.

Fasilitas Homestay

Pengelolaan kampung ini bermula pada tahun 2016. Salah satu upaya untuk mengelola kampung sekaligus destinasi wisata ini dengan menyediakan fasilitas penginapan.

Kampung ini menyediakan rumah penduduk yang berfungsi sebagai homestay. Selain itu, kampung ini juga menyediakan saung pohon dan juga saung dengan desain yang menyerupai perahu dalam film Titanic.

Lokasi saung yang bisa kamu jadikan tempat istirahat berada pada kawasan perkebunan teh Dayeuh Manggung, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut. Para wisatawan juga bisa melihat ternak kambing sebagai peliharaan warga setempat.

Lucunya lagi, warga setempat seringkali menyebutnya sebagai kambing bule. Melihat keunikannya inilah, kamu mulai tertarik untuk berkunjung ke Kampung Amsterdam Garut ini bukan?

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews