Ini 5 Tips Berkendara Agar Hemat Bahan Bakar

Ini 5 Tips Berkendara Agar Hemat Bahan Bakar

Ilustrasi saat berkendara (istimewa/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Saat berkendara, orang terkadang banyak melupakan beberapa hal. Jadi, banyak yang mengeluhkan borosnya bahan bakar saat berkendara.

 

Tidak bisa dipungkiri, borosnya bahan bakar terkadang menjadi kebutuhan mesin. Namun, kontribusi pengendara saat berkendara jauh lebih penting.

 

Warsino, Service Head Tunas Toyota Dewi Sartika beberapa waktu lalu mengatakan, cara berkendara jadi salah satu faktor penentu efisiensi bahan bakar.

 

Selain itu, di dalam buku panduan Aman Berlalu Lintas yang diterbitkan Astra Internasional, terdapat tips dan trik sederhana, teknik berkendara irit bahan bakar.

 

Ada lima poin yang bisa diaplikasikan ketika berkendara.

 

Pertama, jangan terlalu lama memanaskan mesin kendaraan. Lakukan kegiatan ini hanya sekitar satu menit saja. Karena jenis mesin kendaraan saat ini (injeksi) berbeda dengan mesin yang masih karburator.

 

Kedua, perhatikan ketika akan memindahkan gigi kopling. Biasakan untuk melakukan ini saat mesin pada putaran 2.000 – 3.000 rpm.

 

Ketiga, hindari akselerasi dan pengereman secara mendadak, bila memang tidak diperlukan. Ini merupakan perilaku yang sering kali dilakukan pengemudi.

 

Keempat, gunakan tekanan angin ban kendaraan sesuai spesifikasi. Untuk mengetahui standar spesifikasinya, bisa dilihat pada pilar pintu sebelah kanan. Selanjutnya, lakukan perawatan mesin secara berkala dan teratur.


(is/otomania)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews