Sempat Ditutup 3 Jam Akibat Ricuh, Job Fair di SP Plaza Kembali Dibuka

Sempat Ditutup 3 Jam Akibat Ricuh, Job Fair di SP Plaza Kembali Dibuka

Kondisi terkini job fair di SP Plaza kembali berjalan kondusif. (Foto: Arjuna/@Batamnewsonline)

Batam, Batamnews - Situasi terkini Job Fair Disnaker Batam di SP Plaza kini sudah kondusif, Senin (7/11/2022) sore. Sebelumnya lokasi ini diserbu para pencari kerja (pencaker) hingga berdesak-desakan untuk antre memasukkan lamaran. 

Ada beberapa perusahaan di Batam yang membuka lowongan kerja. Tercatat ada 32 PT ternama mayoritas bergerak di bidang industri manufaktur di Kota Batam

Tampak antrean pancaker tidak sepadat pagi tadi yang berjubel hingga ada yang pingsan. Panitia job fair sempat menghentikan sementara kegiatan ini agar lebih tertib dan tak berdesakan.

Baca juga: Job Fair Batam 2022: Animo Membeludak, Sejumlah Pencari Kerja Pingsan

Selang beberapa jam, panitia kembali membuka kegiatan dengan sistem antrean yang lebih teratur

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam, Rudi Syakyakirti mengatakan tadi pagi saat job fair dibuka sekitar satu jam terpaksa harus dihentikan. 

"Terjadi kepadatan, karena mereka (pencaker) langsung mengantar ke konter perusahaan. Ada sekitar 7 konter yang ada. Akhirnya kami ubah sistem. Sempat ditunda 3 jam dari pukul 10.00 -14.00 WIB. Sistemnya, kami panitia terima lamaran dan setelah itu baru kita teruskan ke perusahaan," ucap Rudi, saat dijumpai di lokasi.

Baca juga: Segera Apply Lamaran! 32 PT Terkenal di Batam Buka 1.797 Lowongan Kerja

Sementara itu, Winda salah seorang pencaker mengaku antre dari pukul 07.00 WIB. Ia berharap kericuhan dalam job fair seperti yang terjadi ini tak terulang.

"Harapannya nggak terjadi kericuhan, prosedur agar lebih teratur aja dan tempat lebih luas, supaya yang ngelamar tak terlibat keributan kayak tadi," ucapnya.

Ia pun berharap bisa diterima di perusahaan yang diimpikannya. "Tadi ke sini sekitar jam 7 pagi, sempat pulang dan balek lagi. Saya sudah 3 tahun di Batam sempat kerja di perusahaan di Batu Ampar, Batam Center. Kali ini mau ngelamar ke PT Philip sama Esun," ucapnya.

Job Fair ini dilaksanakan 7-9 November 2022. Sebanyak 32 perusahaan yang ikut dalam job fair tersebut.

Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti menyebutkan 1.797 lowongan pekerjaan yang tersedia dalam job fair. 

"Semua sektor ada sampai yang kerja di luar negeri seperti Taiwan dan Jepang," ujarnya, Senin (1/11/2022) lalu. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews