Jumlah Penumpang Pelabuhan Ferry Punggur Batam Turun Sejak Penerapan Aturan Perjalanan Terbaru, Sehari Seribu Orang

Jumlah Penumpang Pelabuhan Ferry Punggur Batam Turun Sejak Penerapan Aturan Perjalanan Terbaru, Sehari Seribu Orang

Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Aturan perjalanan domestik kembali berubah. Terbaru aturan tersebut dimuat dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19.

Dalam edaran itu, termaktub beberapa syarat keberangkatan. Untuk usia 6-17 tahun minimal wajib menyertakan bukti vaksin dosis kedua. Sementara untuk usia 18 tahun ke atas sudah wajib menyertakan bukti booster.

Di Kota Batam, Kepulauan Riau, pelabuhan domestik dan bandara sudah menerapkan aturan yang efektif berlaku mulai 25 Agustus kemarin.

Baca: Diubah Lagi, Belum Booster Tak Boleh Bepergian? Ini Aturan Barunya

Untuk di Pelabuhan Ferry Telaga Punggur, Batam, aturan terbaru itu sudah diterapkan sehari setelah edaran itu keluar. Tepatnya pada tanggal 26 Agustus.

"Iya, sudah kita terapkan tanggal 26 kemarin," ujar Kasatker Pelabuhan Punggur, Suherman via seluler, Rabu (31/8/2022).

Ia menyebut, tak ada hal yang sulit dalam penerapannya. Begitu juga dengan masyarakat yang sejauh ini tidak ada keluhan mengenai hal tersebut.

"Sebab sebelumnya kita sudah cukup ketat dalam aturan keberangkatan ini. Makanya masyarakat yang bepergian sudah terbiasa jadi tidak ada yang mengeluh soal ini," katanya.

Baca: Kendaraan Membeludak, ASDP Percepat Bongkar Muat di Pelabuhan Roro Punggur

eski demikian, lanjutnya, sejak diberlakukan aturan terbaru itu, ada penurunan jumlah penumpang atau pengguna jasa di Pelabuhan Ferry Punggur. Dimana rata-rata turun sekitar lebih dari 30 persen.

Sebelumya, per hari, pengguna transportasi laut di Pelabuhan Punggur berkisar 1.700 hingga 2.000 orang. Namun kini berkurang atau turun menjadi sekitar 1.000 penumpang saja.

"Dulu itu kita sampai lebih dari 2.000 penumpang malah. Tapi sekarang ini agak turun, paling sekitar 1.000an aja. Paling tinggi itu 1.100," tuturnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews