Heboh Data Pelanggan PLN-IndiHome Bocor, Menkominfo: Lagi Diperiksa

Heboh Data Pelanggan PLN-IndiHome Bocor, Menkominfo: Lagi Diperiksa

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate buka suara soal dugaan kebocoran data pelanggan PLN dan IndiHome. Menurutnya, pemerintah sedang melakukan pemeriksaan.

"Lagi diperiksa kan udah. Kan dari PLN dan dari Telkom sudah menyampaikan data mereka aman. Tetapi kan kita harus memeriksa," katanya saat di Istana Negara, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Johnny menyebut pihaknya sedang memastikan dan mengaudit soal kebenaran klaim aman yang disebutkan PLN dan Telkom. Jika ada rekomendasi untuk perbaikan, ia menyebut Menkominfo siap melakukannya.

Baca juga: Situs Judi Online Daftar PSE, Menkominfo: Tidak Ada yang Kecolongan

"Mengaudit keamanannya bener apa nggak? kalau betul-betul aman ya syukur. Kalau ada yang rekomendasi minta diperbaiki ya kita beri rekomendasi perbaikan," katanya menambahkan.

Adapun rekomendasi perbaikan meliputi rekomendasi update teknologi enkripsi. Atau, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Atau yang ketiga terkait pengelolaan yang normal untuk audit seluruh penyelenggara sistem elektronik.

Terkait pengumuman hasil investigasi, Johnny tidak banyak berkomentar. Namun ia memastikan jika Menkominfo akan langsung mengumumkannya jika investigasi ini selesai.

Baca juga: Menkominfo Sebut Tiga Situs Diblokir Tidak Dapat Dihubungi Soal Pendaftaran PSE

"Itu begitu selesai diumumkan. Tergantung dalam dan masalahnya, gitu," ujarnya.

Saat ditanya soal dugaan kelalaian, Johnny meminta untuk tidak mendahului auditor.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews