Pendaftaran Panwascam di Batam Dibuka September, Simak Syaratnya

Pendaftaran Panwascam di Batam Dibuka September, Simak Syaratnya

Ilustrasi.

Batam, Batamnews - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Kepulauan Riau akan membuka pendaftaran untuk Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

Rencananya, pembukaan pendaftaran Panwascam ini akan dimulai pada September mendatang.

“Insya Allah bulan depan dibuka, namun untuk tanggal pastinya belum dipastikan,” ujar Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza, Rabu (24/8/2022).

Baca: Bawaslu Batam Keluhkan Sulitnya Mengakses Sipol, Pengawasan Makin Susah

Proses rekrutmen Panwascam akan dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Kota Batam. Setiap kecamatan akan merekrut 3 orang untuk panwascam. 

“Seluruh kecamatan, baik mainland maupun hinterland,” kata dia. 

Proses rekrutmen Panwascam dikomunikasikan lebih awal, karena ada syarat yang harus dipenuhi. Namun masih harus menunggu petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis). 

Namun bagi siapapun yang ingin mendaftar Panwascam, harus mengecek nama serta NIK di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Supaya dapat diketahui apakah di Sipol tercatat atau tidak sebagai anggota parpol,” katanya. 

Baca: Bawaslu RI Rekrut Panitia Seleksi Anggota Bawaslu Kepri

Di samping itu, syarat lain yang harus dipenuhi yaitu: tamatan SMA, usia di atas 25 tahun, sehat jasmani dan rohani, domisili di Kota Batam dan berdomisili di kecamatan yang akan mendaftarkan sebagai Panwascam. 

“Tapi kalau di luar kecamatan yang bersangkutan, nanti dilihat di juknisnya karena pemilu lalu sesuai dengan domisili kecamatan,” jelasnya.

Terkait tes yang dilaksanakan, Reza menyebut akan dilaksanakan secara online sesuai dengan pemilu sebelumnya dan selanjutnya, ada tes wawancara.

“Setiap pendaftar juga harus menyertakan surat dari pengadilan bahwa tidak pernah dipidana,” kata dia.

(ret)
Komentar Via Facebook :