Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Kini Bisa Lewat Agen BRILink

Bayar Iuran BPJS Ketenagakerjaan Kini Bisa Lewat Agen BRILink

(Foto: ist)

Batam - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) terus berinovasi dalam menghadirkan pelayanan agar lebih dekat kepada para pekerja, terutama sektor pekerja informal. 

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukan adalah dengan menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) untuk mempermudah peserta dalam melakukan  pembayaran iuran melalui agen BRILink.

Dalam hal ini, Agen BRILink menjadi sebagai salah satu kanal pembayaran iuran BPJamsostek. Kerja sama ini dilakukan karena terdata Bank BRI memiliki 525.000 agen BRILink yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjangkau desa dan wilayah-wilayah di setiap pelosok daerah. 

Sinergi ini resmi diluncurkan oleh Direktur Kepesertaan BPJamsostek Zainudin bersama Institutional and Wholesale Business Director Bank BRI Agus Noorsanto dalam kegiatan seremoni pada 8 Maret 2022 di Jakarta.

Untuk di wilayah Kota Batam, BPJamsostek Batam Nagoya melakukan kolaborasi dan koordinasi bersama Bank BRI Cabang Batam Centre terkait sistem keagenan yang telah dijalin. 

Dalam hal ini, BPJamsostek Batam Nagoya berkoordinasi dengan Bank BRI cabang Batam Centre dan Paguyuban Agen BRILink Kota Batam dalam meberikan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan serta manfaat yang diperoleh Agen BRILink.

Kepala Kantor BPJamsostek Batam Nagoya, Sony Suharsono mengatakan, untuk teknis pembayaran iuran melalui agen BRILink sangat mudah, peserta BPJamsostek sektor informal (BPU) hanya cukup datang ke warung atau outlet Agen BRILink terdekat dengan menunjukkan KTP atau kartu peserta dan membayar sesuai dengan nominal iuran yang tertera. 

Selain itu peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu bingung untuk melakukan pembayaran iuran karena Agen BRILink tersebar di daerah-daerah yang mudah dijangkau oleh peserta. 

“Tidak hanya untuk peserta Informal (BPU), Bagi peserta formal (Badan Usaha) juga bisa melakukan pembayaran iuran melalui Agen BRILink dengan membawa kode iuran dengan cara yang sama,” ungkap Sony.

Lebih lanjut, Sony berharap dengan kemudahan layanan yang diberikan BPJamsostek akan mendorong peningkatan jumlah kepesertaan, khususnya pekerja BPU. 

Hal tersebut tentunya juga didukung oleh aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang memungkinkan pekerja BPU untuk mendaftar menjadi peserta BPJamsostek menggunakan smartphonenya.

Tak lupa ia juga mengajak seluruh pekerja untuk segera mendaftar menjadi peserta BPJamsostek agar pekerja tersebut dapat memperoleh beragam manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), diantaranya, perawatan dan pengobatan tanpa batasan biaya sesuai kebutuhan medis, santunan pengganti upah selama tidak bekerja, santunan kematian sebesar 48x upah hingga manfaat beasiswa bagi 2 orang anak. 

“Dengan hadirnya layanan BPJamsostek dekat dengan pekerja, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan dari BPJamsostek sehingga para pekerja dapat bekerja dengan tenang serta memiliki hari tua yang sejahtera,” tutup Sony.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews