Jam Tangan yang Diklaim Milik Hitler Laku Terjual Rp 16 Miliar

Jam Tangan yang Diklaim Milik Hitler Laku Terjual Rp 16 Miliar

Adolf Hitler. (Foto: via Wallpaper Flare)

Washington - Sebuah jam tangan yang diklaim milik pemimpin Nazi, Adolf Hitler telah terjual seharga US$1,1 juta (sekitar Rp 16 miliar) dalam sebuah lelang di Amerika Serikat (AS).

BBC News melaporkan bahwa jam tangan Huber, yang dijual kepada penawar anonim, memiliki simbol swastika dan inisial AH.

Para pemimpin Yahudi mengutuk pelelangan sebelum penjualan di Lelang Bersejarah Alexander di Maryland.

Namun, perusahaan lelang, yang sebelumnya telah menjual memorabilia Nazi di masa lalu, mengatakan kepada media Jerman bahwa tujuan acara tersebut adalah untuk melestarikan sejarah.

Adolf Hitler memimpin Nazi Jerman antara tahun 1933 dan 1945, mengatur pembantaian 11 juta orang - dengan enam juta di antaranya terbunuh karena mereka adalah orang Yahudi.

Katalog produk untuk jam tangan tersebut mengatakan bahwa jam tersebut mungkin diberikan sebagai hadiah ulang tahun kepada pemimpin fasis pada tahun 1933, tahun ketika ia menjadi Kanselir Jerman.

Sebuah penilaian oleh rumah lelang mengatakan jam tangan itu diambil sebagai suvenir ketika sekitar 30 tentara Prancis menyerbu Berghof, tempat peristirahatan gunung Hitler, pada Mei 1945.

Barang-barang lain yang dilelang termasuk gaun milik istri Hitler, Eva Braun, foto bertanda tangan seorang perwira Nazi, dan kain Bintang Daud berwarna kuning dengan tulisan 'Jude', yang dalam bahasa Jerman berarti Yahudi.

(dod)

Berita Terkait