4 Makanan Ini Bisa Hilangkan Rasa Cemas, Apa Saja?

4 Makanan Ini Bisa Hilangkan Rasa Cemas, Apa Saja?

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Rasa cemas berlebih kerap membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Imbasnya bisa berpengaruh terhadap penurunan produktivitas hingga mengganggu kesehatan tubuh.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa cemas berlebih. Kamu bisa mulai melakukan olahraga hingga mengonsumsi makanan tertentu.

Sejumlah riset menyebutkan ada bahan makanan tertentu yang terbukti mampu membuat seorang bisa mengendalikan rasa cemas yang mereka alami. Dikutip dari healthline, berikut adalah makanan yang mampu menurunkan rasa cemas.

1. Ikan Salmon

Selain bagus untuk kesehatan tubuh, daging salmon ternyata merupakan makanan yang mampu membantu menurunkan rasa cemas. Sejumlah penelitian membuktikan, salmon memiliki sejumlah nutrisi yang bisa memberikan efek tenang.

Sejumlah nutrisi tersebut ialah vitamin D, asam lemak omega 3, asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), yang mengatur neurotransmiter dopamin serta serotonin untuk menimbulkan perasaan tenang tersebut.

Agar manfaat daging salmon bisa dinikmati, kamu bisa banget mengolah bahan daging ini menjadi makanan yang super lezat, salah satunya sushi.

2. Coklat Hitam

Di balik kelezatan dari coklat hitam, ternyata terdapat segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya mampu meredakan rasa cemas.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa flavonoid yang ditemukan dalam coklat hitam dapat bermanfaat bagi fungsi otak dan memiliki efek neuroprotektif. Secara khusus, flavonoid dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan meningkatkan jalur pensinyalan sel.

Efek ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan diri lebih baik dengan situasi stres yang dapat menyebabkan kecemasan dan gangguan mood lainnya.

3. Yogurt

Yogurt tidak hanya sebatas mampu menjaga saluran cerna agar lebih sehat saja. Tapi ternyata, makanan juga ini mampu menolong seseorang yang sedang mengalami rasa cemas.

Probiotik atau bakteri sehat yang ditemukan dalam beberapa jenis yogurt dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan, salah satunya kesehatan mental.

Sejumlah riset menyebutkan, seseorang yang dilanda kecemasan jika mengonsumsi yogurt probiotik setiap hari maka lebih mampu mengatasi rasa stress daripada yang tidak mengkonsumsi yogurt tanpa probiotik.

Penelitian lain menyebutkan khusus untuk wanita yang mengonsumsi 4,4 ons (125 gram) yogurt dua kali sehari selama 4 minggu memiliki fungsi yang lebih baik dari daerah otak yang mengontrol emosi.

4. Green Tea

Green tea bisa dikatakan menjadi salah satu bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Rasanya yang lezat membuat green tea cocok diolah untuk sejumlah makanan.

Di balik kelezatan tersebut green tea mengandung L-theanine dan asam amino yang mampu memberikan efek positif terhadap kesehatan otak dan meredakan kecemasan.

Bagi kamu yang dilanda kecemasan berlebih, tak ada salahnya mulai dari sekarang membeli 4 bahan makanan tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews