20 Orang Tewas Tersambar Petir di India

20 Orang Tewas Tersambar Petir di India

Foto: Reuters

New Delhi - Dalam sehari, sebanyak 20 orang tewas tersambar petir di delapan distrik di negara bagian Bihar, India timur. Cuaca di bagian timur Bihar diprediksi terjadi hujan badai dengan petir pada Rabu dan Kamis.

Kepala Menteri Bihar, Nitish Kumar meminta masyarakat mengikuti saran dari badan penanggulangan bencana di wilayah tersebut.

Ratusan orang tewas setiap tahun di India karena tersambar petir selama musim hujan monsoon. Salah satunya karena banyak orang bekerja di luar ruangan sehingga mereka rentan terkena sambaran kilat.

Nitish Kumar mengatakan akan memberikan kompensasi sebesar 400.000 rupee atau sekitar Rp 74 juta untuk keluarga masing-masing korban sambaran petir, dikutip dari BBC, Kamis (28/7/2022).

Koran The Times of India melaporkan, Kumar menggelar rapat bersama jajarannya pekan lalu dan meminta pejabat di Bihar memasang penangkal petir di semua gedung pemerintah, termasuk sekolah dan rumah sakit.

Letak geografis Bihar membuatnya rentan dengan sambaran petir selama musim monsoon.

India mencatat lebih dari 18 juta sambaran petir antara April 2020 dan Maret 2021, menurut penelitian Climate Resilient Observing Systems Promotion Council. Data ini naik 34 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

(fox)