Debat Calon PM Inggris Disetop Gegara Moderator Pingsan!

Debat Calon PM Inggris Disetop Gegara Moderator Pingsan!

Dua kandidat PM Inggris, Liz Truss dan Rishi Sunak, dalam acara debat BBC awal pekan ini (dok. Jacob King/Pool via REUTERS)

London - Acara debat terbaru antara dua calon Perdana Menteri (PM) Inggris yang disiarkan televisi lokal terpaksa dihentikan di tengah jalan pada Selasa (26/7/2022) malam waktu setempat. Penyebabnya, sang moderator tiba-tiba jatuh pingsan di atas panggung debat.

Seperti dilansir AFP, Rabu (27/7/2022), debat antara mantan Menteri Keuangan (Menkeu) Rishi Sunak dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Liz Truss tengah disiarkan secara langsung pada saluran televisi TalkTV saat tiba-tiba tayangan terputus di tengah jalan. Acara debat itu harusnya berlangsung selama satu jam.

Momen itu terjadi ketika Truss yang tengah mendapat giliran menyampaikan argumen, tiba-tiba berhenti berbicara di tengah kalimat dengan raut wajahnya tampak sangat terkejut memandang ke arah depan. Pada momen yang sama, suara benturan keras terdengar dalam tayangan.

"Ya Tuhan!" teriak Truzz yang tertegun, sebelum meninggalkan podiumnya dan berjalan menuju lokasi moderator debat berdiri. Editor politik TalkTV, Kate McCann, bertugas sebagai moderator debat malam itu.

Saluran televisi TalkTV yang baru diluncurkan April lalu dan menjadi penyelenggara debat bersama surat kabar The Sun, kemudian merilis pernyataan yang isinya mengonfirmasi bahwa McCann jatuh pingsan.

"Meskipun dia baik-baik saja, saran medisnya adalah kita tidak seharusnya melanjutkan debat," sebut TalkTV dalam pernyataan singkatnya.

Seorang pembawa acara TalkTV lainnya, Ian Collins, yang melakukan siaran terpisah, menuturkan para kandidat tetap melakukan sesi tanya-jawab secara offair atau tanpa direkam kamera dengan kehadiran sejumlah kecil penonton.

"Lega mendengar @KateEMcCann baik-baik saja. Sangat disesalkan bahwa debat yang begitu bagus harus berakhir," tulis Truss dalam pernyataan via Twitter sekitar satu jam usai insiden itu.

 

Sunak juga memberikan pernyataan via Twitter dengan mengatakan 'kabar baik' bahwa kondisi moderator debat membaik. "Itu debat yang hebat dan saya menantikan untuk ditanyai secara intens oleh Anda lagi segera!" imbuhnya.

Debat pada Selasa (26/7) malam ini menjadi acara debat kedua yang diikuti Truss dan Sunak dalam waktu 24 jam. Keduanya mengikuti acara debat yang ditayangkan media nasional Inggris, BBC, pada Senin (25/7) malam waktu setempat.

Truss dan Sunak menjadi dua kandidat utama yang memperebutkan posisi Ketua Partai Konservatif yang kini berkuasa di Inggris, dan dengan demikian, juga akan menjabat PM Inggris

Sekitar 200.000 anggota Partai Konservatif akan memilih ketua baru mereka bulan depan. Pemenangnya yang akan menggantikan Boris Johnson sebagai PM Inggris, diumumkan pada 5 September mendatang.

(fox)

Berita Terkait