Banyak yang Tak Sangka, Ini 5 Brand Asli Indonesia yang Mendunia

Banyak yang Tak Sangka, Ini 5 Brand Asli Indonesia yang Mendunia

Foto: Ilustrasi J.CO

Batam - Tanpa disadari ternyata ada beberapa produk dari Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan beberapa diantaranya kerap disangka sebagai brand luar.

 

Bukan cuma fesyen dan makanan, ternyata ada banyak produk dari brand Indonesia yang mendunia. Ini mulai dari makanan, barang elektronik, bahan makanan, pakaian, hingga suplemen herbal.

Kondisi ini disebabkan kualitas dan barang mereka yang banyak digunakan untuk luar negeri serta memiliki toko di luar. Karenanya seringkali masyarakat mengira bahwa mereka adalah brand asal luar negeri.

Berikut adalah brand berasal dari Tanah Air yang telah mendunia:

1. J.CO

Setiap kali melewati gerai J-Co pasti melihat donat warna-warni dan aroma yang menggugah selera. Tahukah kamu J.CO merupakan merek asli Indonesia lho.

J.CO berdiri di bawah Johnny Andrean Group. Gerai pertama J.CO dibuka pada Mei 2006 lalu. Kemudian tahun 2007 J.CO membuka gerai pertama di Malaysia. Pada 2008 di Singapura, 2012 di Filipina, 2016 di Hong Kong dan 2018 di Arab Saudi.

2. CFC

CFC atau California Fried Chicken ini berdiri di bawah PT Pioneerindo Gourmet International Tbk (d/h PT Putra Sejahtera Pioneerindo).

Dari laman resminya, restoran ini berdiri pada 1983 di Jakart dan merupakan salah satu perusahaan generasi pertama di Indonesia yang memperkenalkan konsep restoran cepat saji.

Dulunya memang perusahaan ini memegang waralaba California Pioneer Chicken dari Pioneer Take out - Amerika Serikat. Namun pada 1989 perusahaan melepaskan diri dari waralaba dan memproduksi hingga memasarkan produk sendiri yaitu California Fried Chicken.

3. Men's Republic

Merek barang fashion untuk pria ini didirikan oleh Yasa Singgih. Saat mendirikan Men's Republic tujuan Yasa adalah menjual produk dengan harga yang cocok untuk pria-pria muda dengan kualitas yang baik.

Dikutip dari mensrepublic.id Men's Republic didirikan pada 2014 lalu dengan sederhana dan hanya bermodalkan keberanian.

4. Krisbow

Bagi yang sering ke Ace Hardware pasti tak asing dengan merek Krisbow. Merek perkakas atau barang teknik ini disangka dari luar negeri. Padahal Krisbow merupakan merek lokal, Krisbow sendiri merupakan member Kawan Lama Group yang juga menaungi Ace Hardware dan Informa.

Dikutip dari laman resmi krisbow.com disebutkan saat ini sudah memiliki lebih dari 10.000 produk dari kategori berbeda.

Krisbow merupakan singkatan nama Krisnandi Wibowo. Dia adalah putra pendiri Kawan Lama Wong Jin. Kris juga adik dari Kuncoro Wibowo yang merupakan bos di Kawan Lama Group.

 

5. Terry Palmer

Terry Palmer adalah merek handuk yang terkenal di Indonesia. Produsennya adalah PT Indah Jaya. Menariknya, Palmer merupakan singkatan dari Pal Merah yang merupakan lokasi pabrik produk ini pertama kali berdiri.

Perusahaan ini berdiri pada 1962 dan memproduksi handuk untuk pasar lokal. Dikutip dari indahjayatextiles.com, Indah Jaya mulai mengekspor produk ke Eropa pada 1988.

Pada 1992, Perusahaan membuka pabrik di Tangerang. Pada tahun yang sama Indah Jaya juga melakukan ekspor ke Jepang.

6. Silverqueen

Ternyata Silverqueen bukan cokelat dari luar negeri. Pabriknya berada di Garut, Jawa Barat. Dulunya ada Ming Chee Chuang yang merupakan pria berkebangsaan Burma keturunan China yang tinggal di Garut dan membeli perusahaan cokelat NV Ceres dari orang Belanda.

Singkat cerita Silverqueen semakin berkembang dan semakin dikenal luas. Chuang pun semakin bertambah usia dan perkembangan perusahaan yang ia miliki harus dilanjutkan oleh generasi selanjutnya.

Pasarnya pun terus berkembang hingga mendunia. Dilansir dari situs resmi perusahaan, bisnisnya saat ini telah berkembang ke Singapura, dan menjalin hubungan perdagangan dengan beberapa negara seperti Filipina, dan Malaysia.

Produknya termasuk SilverQueen juga telah dijual di lebih dari 10 negara lain termasuk Thailand, Brunei, India, Korea Selatan, dan Vietnam.

7. Buccheri

Buccheri merupakan merek alas kaki asal Indonesia yang sudah ada sejak 1980. Toko pertama berada di "Pasar Baroe". Dari akun Linkedin, disebutkan saat ini Buccheri sudah memiliki lebih dari 120 cabang yang tersebar di seluruh kota besar di Indonesia.

Buccheri merupakan singkatan dari Budi, Ediansyah dan Hery yang merupakan saudara kandung yang berasal dari Makassar.

8. Lea Jeans

Merek fashion berbahan jeans ini merupakan asli Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber disebutkan jika Lea menyediakan pakaian casual berbahan jeans.

Dikutip dari laman resmi leajeans.com, LEA merupakan merek yang mengusung American Style dan pakaian casual. Merek ini dibangun pada 1972 dengan mengedepankan kualitas dan authentic denim.

9. The Executive

Untuk pria dan wanita karir pasti tak asing dengan merek The Executive. Ternyata merek fashion ini merupakan asli Indonesia lho.

Dikutip dari laman resmi, disebutkan pada 1984 perusahaan mengambil alih Executive 99 dan menjadi bagian Delamibrands group. Saat ini ada 60 toko dan lebih dari 100 counter di department store.

10. HokBen

Restoran cepat saji yang menjual masakan Jepang ini didirikan pada 18 April 1985. Di bawah lisensi PT Bogainti. Pertama hadir di Kebon Kacang, Jakarta.

Dulunya bernama Hoka Hoka Bento, namun PT Bogainti sekarang sudah menguasai merek secara penuh. Karena tak ada lagi merek yang sama di Jepang.

HokBen tahun 2020 memperkenalkan konsep baru yaitu hanya melayani pesanan dibawa pulang. Dengan konsep ini diharapkan bisa melayani pelanggan lebih cepat karena lebih mudah dijangkau armada delivery online.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews