BEI: Potensi Perusahaan di Batam Go Public Sangat Besar

BEI: Potensi Perusahaan di Batam Go Public Sangat Besar

Acara workshop wartawan yang digelar BEI di Batam. (foto: edo)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar workshop wartawan di i Hotel, Baloi, Batam, Provinsi Kepri, Kamis (3/12/2015).

Dalam workshop tersebut, Kepala Divisi Pengembangan Calon Emiten BEI, Umi Kulsum mengatakan, potensi perusahaan di Batam menjadi emiten di BEI untuk go public masih cukup besar.

"Potensi bagi pasar modal Indonesia semakin berkembang dan sejajar dengan pasar modal di negara-negara lain masih sangat besar," ujar Umi Kulsum.

Kemudian salah satu cara untuk mengembangkan pasar modal indonesia adalah dengan  mendorong perusahaan-perusahaan yang berjenis perusahaan keluarga ataupun perusahaan milik daerah untuk menjadi emiten dengan mencatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Saat ini telah ada dua emiten di BEI asal Batam yakni PT Sat Nusapersada Tbk (PTSN) dan PT Hotel Mandarin Regency Tbk (HOME).

"Per 27 November 2015, PTSN memiliki kapitalisasi pasar Rp 118,68 miliar dan HOME Rp 453,31 miliar. Jadi kapitalisasi pasar dua emiten Batam sebesar Rp 571,99 miliar atau 0,02 persen terhadap total kapitalisasi pasar di BEI sebesar Rp 4.821,26 triliun,"kata Umi Kulsum.

Umi Kulsum menyebut, salah satu cara untuk mengembangkan pasar modal Indonesia adalah dengan mendorong perusahan-perusahan milik keluarga ataupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi emiten dengan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia.

Sebagai emiten di pasar modal Indonesia, keberlangsungan usaha di perusahan akan lebih terjaga. Terlebih bagi perusahan keluarga yang rentan terganggu jika terjadi perpecahan antar anggota keluarga pewaris perusahan.
 
Workshop ini menghadirkan beberapa pembicara yakni Kepala Divisi Pengembangan Calon Emiten Umi Kulsum, Kepala Unit Komunikasi dan Informasi Publik Diah Sugiretno dan Kepala Perwakilan BEI Batam Marco Kawet.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews