Kabar Baik! Biaya Transfer Antarbank BI Fast Bisa di Bawah Rp 2.500

Kabar Baik! Biaya Transfer Antarbank BI Fast Bisa di Bawah Rp 2.500

Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia)

Nusa Dua - Bank Indonesia (BI) buka kemungkinan biaya transfer antarbank di BI Fast bisa lebih murah dari Rp 2.500 per transaksi. 

"Saat ini biaya transfer antarbank BI Fast Rp 2.500, sebelumnya Rp 6.500. Tapi mungkin suatu hari nanti bisa di bawah Rp 2.500," ujar Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta dalam Side Event G20: Digital Finance to Support Financial Inculusion di Nusa Dua, Bali, Sabtu (16/7/2022).

Sebelumnya, Ketua Perhimpunan Bank-bank Internasional (Perbina) sekaligus CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi berharap biaya transfer antarbank di BI Fast saat ini bisa kembali turun menjadi Rp 500 hingga Rp 100 per transaksi. Adapun saat ini biaya transfer antarbank di BI Fast sebesar Rp 2.500.

Menurut Batara, penurunan biaya transfer antarbank ini bisa membantu pertumbuhan UMKM. Selain itu, konsumen juga akan lebih dimudahkan karena biaya yang lebih murah.

"Dan konsumen akan lebih dapat manfaat, lower cost. BI Fast tuh lihat dari Rp 6.500 jadi Rp 2.500, jadi penginnya sih turun lagi jadi Rp 500 atau Rp 100 untuk bantu UMKM," ujar Batara dalam Side Event G20 Indonesia: Festival Ekonomi Keuangan Digital 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (13/7).

Dia melanjutkan, penurunan biaya tersebut bisa saja dilakukan. Ia mencontohkan, perbankan juga pernah memangkas bunga di kartu kredit dari 45 persen menjadi terakhir ke 20 persen. Namun demikian, menurut Batara, penurunan biaya transfer antarbank harus dilakukan bersama-sama, tak bisa sendiri.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews