Gadis Depok Tersedak Jarum Pentul, Nyangkut di Saluran Napas

Gadis Depok Tersedak Jarum Pentul, Nyangkut di Saluran Napas

Kronologi gadis Depok tersedak jarum pentul saat membenarkan hijab. Foto: Tangkapan Layar dari Konferensi Pers Virtual RSUP Persahabatan

Jakarta - Dokter spesialis paru di Rumah Sakit Paru Persahabatan berhasil mengeluarkan jarum pentul dari saluran napas seorang gadis asal Depok berusia 19 tahun. Bagaimana bisa jarum pentul menyangkut di saluran napas?

Awalnya, gadis tersebut tengah memperbaiki hijabnya. Sembari itu, ia menggigit jarum pentul di mulut. Ia kemudian tersedak. Jarum tersebut masuk mulut dan menyangkut di saluran pernapasan. Pasien tersebut kemudian mengalami batuk dengan bercak darah.

Baca juga: Jarum Pentul Tertelan Masih di Usus Gadis Asal Karimun

"Beliau (pasien) termasuk yang cepat tanggap karena memang faktor usia sudah cukup dewasa. Jadi begitu tersedak jam 4 sore, beliau langsung ke rumah sakit setempat," terang KSM Paru, Divisi Pulmonologi Paru dan Gawat Darurat Napas RSUP Persahabatan, dr Mohamad Fahmi, SpP(K), dalam konferensi pers virtual, Kamis (7/7/2022).

"Kebetulan di rumah sakit itu mungkin tidak memiliki alat bronkoskop, lalu mereka kirim ke kita dan kita kerjakan," sambungnya.

Lebih lanjut dr Fahmi menjelaskan, pasien tersebut kini sudah dalam kondisi baik. Ia tidak mengalami keluhan pasca tindakan pengambilan jarum pentul dari saluran napas menggunakan bronkoskop.

Baca juga: Kondisi Gadis yang Tertelan 2 Jarum Pentul usai Dirujuk ke RSAB Batam

"Kita melakukan tindakan sekitar jam 11 siang lalu pemulihan kondisi dan pemulihan pasca anestesinya sekitar jam 1-2. Karena kita yakinkan pada waktu tindakan itu tidak ada komplikasi, setelah kita observasi 2-3 jam di ruang istirahat nya tidak ada masalah, pasiennya sorenya langsung kita pulangkan," jelasnya.

"Sebelum konferensi ini, kemarin kita sempat telepon lagi apakah ada keluhan? Ternyata Alhamdulillah tidak ada," sambung dr Fahmi.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews