Kementerian Pertanian Tolak Permintaan Karimun Suplai Hewan Kurban dari Riau

Kementerian Pertanian Tolak Permintaan Karimun Suplai Hewan Kurban dari Riau

Ilustrasi.

Karimun, Batamnews - Permintaan pengiriman sapi dari Provinsi Riau ke Kabupaten Karimun, Kepri, ditolak oleh Kementerian Pertanian RI.

Hal itu diketahui berdasarkan tanggapan Kementan RI atas pengajuan kuota kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 1443 H yang dikirim oleh Dinas Pertanian Karimun.

Yang mana, salah satu poin yang ditolak dalam surat permintaan itu yakni permohonan pengiriman hewan kurban yang berasal dari Provinsi Riau.

Kadis Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukrianto Jaya Putra, menyebutkan ditolaknya poin tersebut berdasarkan pertimbangan penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan kurban di wilayah itu masih cukup tinggi. Ditambah lagi adanya wabah penyakit kulit berbenjol.

"Jadi di Riau itu sebelum ada PMK juga sudah ada wabah kulit berbenjol. Jadi kita juga koordinasi ke dinas terkait di Riau, memang tidak bisa," kata Sukri, Kamis (30/6/2022).

Dimana, untuk diketahui bahwa, pada tahun-tahun sebelumnya. Karimun memasok hewan kurban dari Provinsi Riau, diantaranya dari Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, dan Meranti.

Semetara, ketersediaan hewan kurban di Karimun saat ini memang masih kurang. Di mana estimasi kebutuhan pada tahun ini di antaranya sapi 569 ekor dan kambing 770 ekor kambing.

"Sementara, saat ini untuk sapi baru 360 ekor dan kambing 442 ekor. Ini yang terus kita optimalkan. Kita juga rencananya ada support dari pemasok kita do Natuna, itu ada sekitar 70 ekor," kata dia.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews