Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung dengan Cepat

Cara Mudah Mengatasi Perut Kembung dengan Cepat

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Perut kembung merupakan kondisi yang cukup sering terjadi. Biasanya, orang yang mengalami perut kembung akan merasakan gejala seperti nyeri, perut kencang, sakit seperti tertusuk, sering sendawa, hingga muncul suara keroncongan di perut.

Penyebab perut kembung utamanya karena ada penumpukan gas di saluran pencernaan. Hal ini disebabkan oleh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi, makan terlalu cepat, masuknya udara ketika mengunyah permen karet, hingga gangguan pencernaan.

Secara umum, masalah perut kembung tidaklah berbahaya sehingga bisa ditangani sendiri di rumah. Perut kembung bergas biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa jam.

Akan tetapi jika Anda ingin rasa kembungnya segera hilang, ada cara yang bisa dilakukan. Merujuk Medical News Today, cara mengatasi perut kembung misalnya dengan dipijat, mandi air hangat, sampai minum obat.

1. Pijat perut

Memijat perut dengan lembut bisa melancarkan pembuangan gas dari dalam tubuh. Selain itu, memijat perut juga melancarkan buang air besar.

Pijat perut bisa dilakukan pada bagian atas pinggul kanan hingga ke arah sisi kanan tulang rusuk. Begitu juga dengan area perut bagian atas ke arah tulang rusuk kiri dan ke arah tulang pinggul kiri.

2. Usapkan minyak esensial

Usapkan minyak esensial ke bagian perut untuk mengurangi rasa kembung. Penggunaannya bisa dilakukan sembari memberi pijatan lembut.

Minyak esensial yang bisa digunakan, seperti minyak kayu putih, minyak tea tree, minyak peppermint, atau kombinasi minyak adas dan kurkumin. Minyak-minyak ini memiliki aroma khas dan kuat yang membantu meringankan masalah seperti mual dan kembung.

 

3. Minum kapsul peppermint

Kapsul minyak peppermint bisa mengurangi kelebihan gas di perut. Tanaman yang berasal dari dua jenis tanaman mint ini telah dimanfaatkan sejak zaman dulu untuk keperluan obat.

Cara mengatasi perut kembung dengan minum kapsul atau suplemen peppermint bisa mengendurkan otot-otot usus yang memungkinkan gas dan tinja bergerak lebih cepat ke celah pembuangan.

4. Minum obat pereda gas

Obat pereda gas bisa dikonsumsi untuk mengurangi gas lebih cepat di perut. Salah satunya simethicone yang merupakan obat antigas. Namun, perhatikan penggunaan yang tertera pada label. Selain itu, konsultasikan juga ke dokter sebelum meminum obat.

5. Mandi air hangat

Mandi air hangat memberi efek relaksasi kepda tubuh dan bisa meredakan sakit perut, termasuk yang kembung. Saat tubuh rileks, biasanya stres akan berkurang. Hal ini juga memungkinkan saluran cerna berfungsi lebih efektif dalam mengurangi kembung.

6. Minum jahe hangat

Jahe telah digunakan sejak dulu untuk mengatasi kondisi atau penyakit yang berkaitan dengan perut dan gangguan pencernaan.

Selain itu, rasa jahe yang sedikit pedas dapat membantu melegakan tenggorokan serta mengurangi rasa mual. Apabila tak begitu suka dengan rasa pedasnya, Anda bisa menambahkan sedikit madu dan lemon tanpa mengurangi khasiatnya.

7. Minum teh bunga chamomile

Tak hanya meredakan kecemasan dan insomnia, minum secangkir teh chamomile hangat juga dapat mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan bakteri, perut kembung bergas, dan mual.

Mengutip Livestrong, hal tersebut berkat kandungan antiinflamasi dan antispasmodik pada chamomile, yang juga bermanfaat untuk meredakan kram menstruasi, nyeri sinus, dan nyeri sendi.

 

8. Yoga

Pose yoga tertentu dapat memosisikan otot-otot perut yang membantu pelepasan gas berlebih di saluran pencernaan. Misalnya, child pose, happy baby pose, dan squat.

Pose-pose ini dapat membantu menghilangkan penumpukan gas dalam perut dengan cepat, sehingga dapat membantu meredakan rasa kembung.

9. Jalan kaki

Jalan kaki rupanya bisa mengurangi perut kembung. Sebab, aktivitas ini membuat usus bergerak lebih teratur. Hal ini bisa menjadi cara mengatasi perut kembung. Sebab, gerak usus menekan kelebihan gas.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews