7 Manfaat Berenang untuk Bayi, Ibu-ibu Tak Perlu Khawatir!

7 Manfaat Berenang untuk Bayi, Ibu-ibu Tak Perlu Khawatir!

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Sebagian orang tua mungkin ragu untuk mengenalkan bayi dengan olahraga berenang. Namun ternyata, berenang bisa menjadi salah satu olahraga yang dapat dilakukan anak sejak masih bayi.

Menurut National Health Service (NHS) Inggris, bayi dapat diajak berenang dari usia berapapun. Baik sebelum mendapat vaksin lengkap, atau sudah memenuhi vaksin lengkap.

Berenang bagi bayi tidak hanya sekedar aktivitas yang menyenangkan. Berenang juga ada manfaatnya untuk kesehatan bayi, berikut ulasannya.

1. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Menurut para peneliti di Universitas Griffith Queensland, Australia, anak yang telah belajar berenang sejak dini mempunyai nilai intelegensi yang lebih tinggi dibandingkan anak lain. Tak hanya itu, mereka juga mempunyai daya konsentrasi yang lebih baik.

"Berenang sejak dini baik untuk perkembangan fisik dan mental anak," kata Jilian Prawiro, Head Instructor Aquababies Indonesia dan Swimmer Teacher Association (STA) UK Certified Trainer, dilansir dari detikcom, Sabtu (25/6/2022).

2. Menunjang Perkembangan Motorik Kasar dan Halus

Kemampuan motorik anak terbagi menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. Motorik kasar berkaitan dengan gerakan otot besar seperti tangan, kaki, dan tubuh anak. Sementara motorik halus, melibatkan gerakan otot yang lebih kecil seperti jari, bibir, lidah dan lain-lain.

Studi menyebutkan, anak berusia empat tahun yang sudah berenang sejak ini, memiliki koordinasi mata dan tangan lebih baik daripada mereka yang tidak berenang sama sekali.

Saat berenang, semua otot tubuh akan bekerja seperti menggerakkan tangan, kaki, leher dan badan. Gerakan-gerakan ini dapat menstimulasi lima indera dan perkembangan motorik bayi.

 

3. Memperbaiki Pola Tidur dan Pola Makan

Berenang selama 30 menit, dapat membakar sekitar 100 hingga 300 kalori. Sehingga wajar usai berenang, bayi akan merasa mengantuk. Suhu dingin pada air kolam juga dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Saat itulah tubuh akan mengeluarkan hormon yang menimbulkan rasa lapar.

4. Menghindari Risiko Tenggelam

Tenggelam merupakan penyebab kematian nomor tiga di dunia. Mengajarkan pool safety exercise sejak dini, berguna untuk melindungi anak ketika tercebur ke air. Sehingga sang anak sudah paham apa yang harus dilakukan.

"Latihan ini berguna jika sewaktu-waktu anak tidak sengaja tercebur ke dalam air, mereka bisa menyelamatkan diri sendiri karena mereka tahu apa yang harus dilakukan," ujar Jillian.

5. Memperbaiki Suasana Hati

Saat berenang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membantu menurunkan stres dan kecemasan. Berenang di air yang dingin, membantu menenangkan dan dapat memperbaiki suasana hati.

6. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam belajar berenang, percaya diri di dalam air merupakan hal yang penting. Tanpa kepercayaan diri yang baik, anak akan sulit belajar gerakan renang dan menangkap materi.

7. Mempererat Hubungan Anak dan Orang Tua

Berenang bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak, khususnya anak usia balita.

Orang tua bisa menghabiskan waktu dengan anaknya di dalam kolam dengan memberikan afirmasi positif dan melakukan skin to skin contact. Aktivitas ini dapat membuat bayi merasa nyaman di dekat orang tuanya.

(ruz)
Komentar Via Facebook :