Di Facebook, Ada yang Gajinya Lebih Gede dari Zuckerberg

Di Facebook, Ada yang Gajinya Lebih Gede dari Zuckerberg

ilustrasi

Batam - Mungkin banyak yang berpikir, sebagai pendiri sekaligus bos di Facebook Mark Zuckerberg memiliki gaji tertinggi di perusahaan raksasa teknologi tersebut. Padahal, apa yang didapatkannya tidak setinggi orang-orang ini.

Zuckerberg masih diberi kompensasi yang melebihi siapa pun di Facebook. Menurut dokumen SEC, Facebook sampai harus menghabiskan sekitar US$23 juta untuk keamanan pribadi Zuckerberg dan perjalanan udara pada 2019, yang jauh lebih banyak daripada yang dihabiskan perusahaan pada 2018 (sekitar US$ 20 juta) atau 2017 (US$9,1 juta).

Akan tetapi untuk urusan bonus, dia tidak dapat banyak. Dia pun hanya menerima gaji simbolis US$ 1, bahkan tidak ada penghargaan saham yang ia terima.

Dibandingkan dengan Sheryl Sandberg yang saat itu menjabat sebagai COO Facebook, ia menghasilkan gaji US$875.385, bonus US$902.740, penghargaan saham US$19 juta, dan kompensasi lain $5 juta. Kompensasi lain yang ia dapatkan kemungkinan termasuk perjalanan jet pribadi dan keamanan.

Lalu ada CTO Facebook, Mike Schroepfer, yang menghasilkan gaji US$785.385, bonus US$1,2 juta, penghargaan saham US$19,6 juta, dan kompensasi lainnya sekitar US$52.000.

Melansir laman Dice, Rabu (22/6/2022), dalam hal gaji dan bonus saham, Zuckerberg juga menghasilkan jauh lebih sedikit daripada CEO Google Sundar Pichai.

Menurut perusahaan analitik keuangan S&P Global, Pichai memperoleh US$280,6 juta pada 2019, dengan sebagian besar berasal dari ekuitas saham Google senilai sekitar US$276,6 juta. Selama dekade terakhir, Pichai telah mengumpulkan sekitar $ 1 miliar dalam bentuk hibah saham.

Jika benar-benar mengikuti metrik gaji, Zuckerberg juga diungguli oleh para engineer di Facebook. Berikut ini rincian gaji engineer Facebook senior, bersama dengan gaji engineer di perusahaan teknologi besar lainnya, bersumber dari levels.fyi:

Engineer Facebook dengan tingkat karier yang sedikit lebih rendah (E4) masih dibayar mahal, dengan total US$ 247.378 per tahun.

Dalam hampir setiap konteks, para engineer Facebook memang mendapatkan kompensasi yang sangat baik. Mereka bahkan "berpenghasilan" lebih dari Mark Zuckerberg.

Namun berkat kepemilikan sahamnya yang besar, Zuckerberg masih memiliki kekayaan sekitar US$ 100 miliar, jadi kemungkinan besar dia tidak terlalu peduli tentang gajinya kalah besar dari anak buahnya.

(fox)