TNI AU Perketat Bandara Hang Nadim Antisipasi Penyelundupan Barang Terlarang

TNI AU Perketat Bandara Hang Nadim Antisipasi Penyelundupan Barang Terlarang

Personel POM TNI AU memeriksa sejumlah kendaraan yang memasuki area Bandara Hang Nadim, Batam. (Foto: ist)

Batam, Batamnews - Polisi Militer Angkatan Udara (POM AU) Lanud Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau menggelar operasi bersandi Waspada Wira Elang, Jumat (10/6/2022).

Operasi ini digelar bersama Avsec serta PAM Bandara Lanud Hang Nadim di jalan utama pintu masuk Bandara Hang Nadim. 

"Operasi semacam ini untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya penyelundupan senjata api, narkoba dan barang-barang terlarang melalui jasa pengiriman barang dan angkutan udara," ujar Komandan Satuan Polisi Militer Lanud Hang Nadim, Kapten (POM) Hendrik Yoneska, Sabtu (11/6/2022).

Menurutnya, kegiatan tersebut akan terus dilakuan, namun pelaksanaannya akan dilakukan secara acak terhadap segala aktivitas yang terjadi di bandara tersebut.

Selain itu, menjalankan proses pemeriksaan juga akan dilakukan dengan cara humanis dan penuh toleransi selama calon penumpang tak melanggar hukum.

"Sebagai obyek vital yang menjadi tugas dan tanggung jawab TNI AU dalam hal ini Lanud Hang Nadim akan menjaga ketertibannya selain Avsec," katanya. 

Untuk diketahui, selain barang-barang berupa narkoba, bandara juga kerap digunakan untuk lokasi penyelundupan seperti baby lobster. 

"Tak hanya senpi dan barang terlarang lainnya, kita juga mengantisipasi terjadinya penyelundupan Baby Lobster," imbuhnya.

Dikatakannya bahwa operasi tersebut berdasarkan Surat Perintah Komandan Lanud Hang Nadim Nomo : Sprin/60/IV/2022 tanggal 19 April 2022 tentang pelaksanaan kegiatan Ops Gaktib TW II TA 2022. 

"Surat perintah ini dikeluarkan berdasarkan perintah, sacam ini semata-mata untuk menjaga dan menciptakan keamanan, ketertiban dan keamanan bagi seluruh masyarakat yang menggunakan fasilitas bandara Hang Nadim," pungkasnya.

(rez)