Studi! Waktu Ideal Pria dan Wanita Olahraga Ternyata Beda

Studi! Waktu Ideal Pria dan Wanita Olahraga Ternyata Beda

Ilustrasi olahraga.(Foto: UNSPLASH/GABIN VALLET)

Jakarta, Batamnews - Olahraga adalah aktivitas menyehatkan yang bisa dilakukan kapan pun, entah di pagi hari atau sore hari. Kini, ada satu studi yang menunjukkan waktu optimal bagi pria dan wanita untuk mendapat manfaat dari olahraga.

Betul, jenis kelamin menurut penelitian terbaru di Amerika Serikat ini berhubungan dengan manfaat yang didapat saat berolahraga. Secara umum, wanita mendapatkan lebih banyak manfaat saat berolahraga di pagi hari dan pria mendapatkannya pada sore atau malam hari.

Diyakini, faktor hormonal turut mempengaruhinya. Meski demikian, penyebab pastinya tidak diketahui.

Beberapa hal yang membedakan adalah sebagai berikut. Pada wanita, olahraga pagi hari memberikan efek optimal pada penurunan lemak perut dan pinggang. Sedangkan untuk meningkatkan performa otot, wanita lebih disarankan olahraga sore.

Pada pria, waktu tidak terlalu berpengaruh. Artinya, olahraga pagi maupun sore cenderung memberikan manfaat yang sama besar. Namun bicara soal jantung dan metabolisme, olahraga sore dan malam hari lebih memberikan manfaat yang optimal pada pria.

Tapi tenang, peneliti menyebut olahraga tetap akan bermanfaat meski dilakukan kapan saja.

"Waktu terbaik untuk olahraga adalah saat Anda bisa melakukannya dan cocok dengan jadwal Anda," kata Dr Paul Arciero dari Skidmore College yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari BBC.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews