4 Pemain Timnas Indonesia Dipastikan Absen Lawan Malaysia

4 Pemain Timnas Indonesia Dipastikan Absen Lawan Malaysia

Egy Maulana Vikri dipastikan absen melawan Malaysia di perebutan medali perunggu (Foto: Ist/Net)

Jakarta, Batamnews - Sebanyak empat pemain Timnas Indonesia U-23 bakal absen saat menghadapi Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021 (2022).

Indonesia kemungkinan besar bakal pincang saat menghadapi Malaysia Minggu (22/5/2022). Tiga di antaranya dipastikan absen karena kartu merah di laga semifinal melawan Thailand.

Sementara satu pemain lainnya, Egy Maulana Vikri, juga berpotensi absen karena mengalami cedera. Egy dikabarkan belum fit 100 persen lantaran cedera melawan Thailand.

Indonesia sebenarnya juga bakal tak diperkuat Elkan Baggott yang hingga kini belum tiba di Vietnam. Baggott sejak awal masuk rombongan pemain yang didaftarkan di SEA Games Vietnam.

Ipswich Town disebut enggan melepas Baggott karena gelaran SEA Games 2021 tak masuk kalender FIFA. PSSI telah melayangkan surat permohonan kepada Ipswich namun klub Liga Inggris itu tak kunjung memberikan lampu hijau.

Dengan demikian, Shin Tae-yong saat ini hanya punya 15 pemain yang siap bertempur melawan Malaysia. Jika laga dilanjutkan hingga dua kali 15 menit, diperkenankan menambah satu pergantian lagi.

Situasi ini jelas akan mengikis kekuatan Indonesia saat melawan Malaysia. Apalagi perebutan tempat ketiga diharapkan jadi obat penawar luka bagi masyarakat Indonesia yang mengharapkan medali emas pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Perebutan medali perunggu antara Indonesia vs Malaysia bakal dihelat di Stadion My Dinh, Minggu (22/5/2022) pukul 16.00 WIB. Sementara final akan berlangsung di venue yang sama pukul 19.00 WIB.

 

Berikut daftar 4 pemain Indonesia absen lawan Malaysia:

1. Firza Andika

Bek kiri Indonesia, Firza Andika, dipastikan absen karena mendapat kartu merah saat melawan Thailand. Ia terpaksa menjegal Patrik Gustavsson yang punya peluang cetak gol lewat serangan balik di babak kedua perpanjangan waktu.

Pelanggaran yang dilakukan Firza memicu keributan antara pemain kedua tim. Aksi saling dorong pun tak terhindarkan dan membuat akhir pertandingan molor.

Setelah keributan yang terjadi itu, wasit mengeluarkan dua kartu merah tambahan untuk pemain Timnas Indonesia.

2. Ricky Kambuaya

Gelandang Persib Bandung ini terpaksa absen karena mendapat kartu merah di laga Indonesia vs Thailand. Ricky Kambuaya terlibat adu mulut dan kedapatan mendorong pemain di babak kedua masa perpanjangan waktu.

Kambuaya masuk dalam kerumunan ketika pemain Thailand memprotes pelanggaran keras yang dilakukan Firza Andika. Kambuaya pun terpaksa keluar usai menerima kartu kuning kedua di laga tersebut.

Pemain asal Papua itu merupakan andalan Shin Tae Yong sejak di Piala AFF 2020 (2021). Kambuaya juga tak pernah absen tampil untuk Indonesia di SEA Games 2021 (2022).

3. Rachmat Irianto

Irianto juga dipastikan absen lawan Malaysia karena mendapat hukuman kartu merah saat melawan Thailand. Gelandang Persib Bandung ini terlibat aksi saling dorong hingga diganjar kartu kuning kedua sekaligus kartu merah.

Di laga tersebut, Irianto sempat dimainkan sebagai bek kanan untuk menggantikan Asnawi Mangkualam yang mengalami cedera. Ia kurang mendapat jam bermain karena Shin Tae Yong lebih memilih Marc Klok sebagai jangkar di lini tengah.

4. Egy Maulana Vikri

Penyerang Lechia Gdansk menjadi salah satu pemain tak tergantikan di SEA Games 2021. Sayang, aksinya terancam tak berlanjut karena mengalami cedera lutut saat melawan Thailand.

Menurut dokter Timnas Indonesia, Ifran Akhmad, kondisi Egy masih akan dipantau hingga Sabtu (21/5/2022). Kecil kemungkinan Egy bakal dimainkan dalam kondisi tersebut.

Egy tersungkur dan harus ditandu keluar lapangan setelah dijegal bek Thailand. Saat pertandingan usai, mantan pemain Lechia Gdansk tersebut masih ditandu dan lututnya diperban es batu. Ini menjadi pertanda cedera Egy cukup parah, sehingga berjalan sendiri pun payah.

(ruz)
Komentar Via Facebook :