Wujudkan SDM Mumpuni

Pemdes Panggak Darat di Lingga Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

Pemdes Panggak Darat di Lingga Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD

Pemdes Panggak Darat menggelar pelatihan peningkatan kapasitas BPD (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Pemerintah Desa (Pemdes) Panggak Darat, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yakni, 19-20 Mei 2022 tersebut digelar di Gedung PAUD Desa Panggak Darat. Kegiatan tersebut menghadirkan Tenaga Ahli (TA) Kementerian Desa (Kemendes) Kabupaten Lingga sebagai narasumber.

Ketua BPD Panggak Darat, Syafari mengatakan, pelatihan kapasitas peningkatan BPD Panggak Darat, merupakan sebuah terobosan yang memang perlu dilakukan.

Baca juga: Camat Desak Dishub Kepri Perbaiki Ponton Dermaga Benan Keropos

Hal itu sebutnya, mengingat fungsi BPD yakni sebagai pengawasan, penjaringan aspirasi dan penyusunan Peraturan Desa (Perdes) bersama Pemerintah Desa yang dipertajam dengan 13 pokok tugas BPD.

"Kita membutuhkan SDM BPD yang mumpuni. Ke depan, kami berharap output nya dapat bekerjasama dengan Pemdes Panggak Darat mewujudkan pelayanan yang optimal," kata Syafari kepada Batamnews, Jumat (20/5/2022).

"Kemudian harapan kami juga dapat bersinergi, menjalin kemitraan yang baik antara BPD, Pemdes dan masyarakat, serta pihak-pihak yang berkepentingan untuk memajukan Desa Panggak Darat ini," sambungnya.

Baca juga: Pemkab Lingga Sukses Raih Opini WTP 5 Kali Berturut

Sementara itu, Sekretaris BPD Panggak Darat, Junaidi menegaskan, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja dan wawasan pihaknya dalam menjalankan tugas dan fungsi secara optimal.

"Sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai BPD yang bersifat koordinasi, konsultasi, dan kemitraan agar dapat bersinergi dengan Pemdes," ujarnya.

"Tentunya kegiatan dapat diikuti oleh BPD se-Kabupaten Lingga, khususnya BPD yang baru terpilih dan dilantik oleh Bupati Lingga pada awal tahun 2022 lalu," pungkas Junaidi.

(ruz)
Komentar Via Facebook :