Sah, Hari Jadi Kabupaten Bintan Ditetapkan Tiap 1 Desember

Sah, Hari Jadi Kabupaten Bintan Ditetapkan Tiap 1 Desember

Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti dan Plt Bupati Bintan, Robby Kurniawan dalam paripurna di DPRD Bintan terkait pengesahan Hari Jadi Kabupaten Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan, Batamnews - DPRD Bintan bersama Pemkab Bintan telah mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) Hari Jadi Kabupaten Bintan dalam rapat paripurna di Gedung Utama DPRD Bintan, Bandar Seri Bentan, Selasa (17/5/2022).

Tanggal yang disahkan sebagai Hari jadi Kabupaten Bintan adalah 1 Desember 1948. Dalam pengesahan ini dihadiri Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri dan Bintan seluruh tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh budaya se-Kepri.

Baca juga: Bintan Terdampak Pengurangan Kuota Haji, Hanya 34 CJH yang Berangkat

Dari hasil rapat Pansus yang diketuai M. Yatir dan tim eksekutif didapatkan hasil penetapan berdasarkan pembahasan mendalam yang juga diselaraskan dengan tinjauan sejarah. Dari semua keputusan akhirnya ditetapkan Hari Jadi Kabupaten Bintan pada tanggal 1 Desember 1948.

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapan terimakasih dan salam takzim kepada semua pihak terkait yang telah banyak menguras energi hingga akhirnya dilakukan penetapan hari jadi ini. 

Dirinya berharap, ditetapkannya Hari Jadi Kabupaten Bintan 1 Desember ini menjadi momentum lanjutan pembangunan dan kesejahteraan yang lebih berkeadilan. 

"Alhamdulillah, niat tulus yang selama ini kita pegang akhirnya terjawab. Hari ini akan jadi hari bersejarah untuk ke depannya. Kita harap dengan penetapan Hari Jadi Bintan ini, akan memberi marwah tersendiri bahwa Bintan punya jati diri dan sejarah yang luar biasa," katanya.

Peristiwa kelahiran suatu daerah dianggap sebagai hal penting dalam membangun daerah tersebut. Terlebih lagi dapat menjadi perbandingan dari masa ke masa sebagai penilaian bagaiamana tingkat kemajuan yang telah dicapai. 

"1 Desember nantinya akan mampu menggelorakan semangat persatuan serta memberi dampak bagi peningkatan ekonomi di masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti, mengatakan ditetapkannya 1 Desember sebagai Hari Jadi Kabupaten Bintan memiliki sejarah yang panjang.

Baca juga: Bawaslu Bintan Usulkan Anggaran Pengawasan Pilkada 2024 Rp 10 Miliar 

"Kabupaten di Provinsi Kepri yang belum memiliki hari jadi yaitu Bintan. Namun dengan telah ditetapkannyan Perda tentang Hari Jadi Kabupaten Bintan, maka setiap 1 Desember akan dirayakan bersama seluruh masyarakat sebagai hari yang bersejarah dan kebangkitan," ujarnya.

Dasar ditetapkannya 1 Desember sebagai Hari Jadi Kabupaten Bintan adalah dengan diterbitkannya Peraturan Komisaris Pemerintah Pusat di Bukit Tinggi Nomor 81/Kom/U tentang Peraturan tentang Pembentukan Kabupaten dalam Propinsi Sumatera Tengah yang mulai berlaku pada tanggal 1 Desember 1948.

"Setelah disahkan perdanya pada sidang paripurna. Maka selanjutnya kita tinggal menunggu diterbitkannya Peraturan Bupati (Perbup) mengenai rincian apa-apa saja yang akan dilakukan untuk memperingati hari jadi tersebut," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait