Bintan Terdampak Pengurangan Kuota Haji, Hanya 34 CJH yang Berangkat

Bintan Terdampak Pengurangan Kuota Haji, Hanya 34 CJH yang Berangkat

Ilustrasi.

Bintan, Batamnews - Sebanyak 34 Calon Jemaah Haji (CJH) dari Bintan, Kepulauan Riau akan berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada tahun ini.

Total ada 70 (CJH) dari Bintan pada tahun ini. Namun, 36 CJH lagi akan mendapatkan jatah keberangkatan pada tahun depan.

Kepala Kantor Kemenag Bintan, Erman Zaruddin, mengatakan pengurangan kuota hingga 50 persen CJH se-Indonesia ini juga berdampak ke Bintan. Maka hanya sebagian CJH yang diberangkatkan tahun ini ke tanah suci Mekkah.

"Dari 70 yang masuk antrean keberangkatan hanya 34 CJH yang diberangkatkan tahun ini. Mereka yang berangkat sesuai dengan urutan pendaftaran," ujar Erman.

Dari 34 CJH yang akan diberangkatkan, kata Erman, 1 CJH yang minta pindah keberangkatan melalui Surabaya. Jadi CJH yang berangkat dari sini nantinya 33 orang.

Pihaknya juga sudah melakukan verifikasi terhadap 33 CJH tersebut. Mereka semua dinyatakan siap untuk berangkat karena sudah selesai administrasi. Kemudian CJH yang berangkat juga sudah divaksin dan dipastikan kesehatannya.

"Untuk administrasi sudah selesai karena untuk kelancaran nantinya. Begitu juga vaksin dan kesehatan mereka juga sudah dilaksanakan. Mudah-mudahan tidak Ada halangan nantinya," jelasnya.

Kloter yang didapatkan Provinsi Kepri tidak sampai 2 kloter melainkan hanya 1,5 kloter saja. Sehingga keberangkatan CJH asal Bintan dipastikan akan bergabung dengan CJH dari kabupaten/kota seluruh Provinsi Kepri.

"Mengenai jadwal keberangkatan kita menunggu jadwal yang ditetapkan oleh Kemenag RI," ucapnya.
 

(ary)
Komentar Via Facebook :