Biar Nggak Bokek Usai Libur Lebaran, Coba Terapkan 4 Cara Ini

Biar Nggak Bokek Usai Libur Lebaran, Coba Terapkan 4 Cara Ini

Foto: Dok. Shutterstock

Batam - Selain mudik, libur panjang Lebaran dimanfaatkan orang-orang untuk berlibur bersama keluarga. Berbagai kegiatan wisata disambangi masyarakat, mulai dari city tour hingga menikmati wisata alam seperti pegunungan dan pantai.

Menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga menjadi momen yang amat berkesan, dan bisa menjadi healing dari kepenatan. Di sisi lain, agar libur Lebaran tidak membuat dompet terkuras, maka pengelolaan uang harus dilakukan dengan cermat.

Supaya keuangan tetap aman usai berlibur bersama keluarga, coba terapkan beberapa cara berikut, dikutip dari TheNationalNews.

1. Hitung dan Buat Perencanaan Pengeluaran

Tak jarang kegiatan liburan menyedot sejumlah uang tabungan. Jika hal itu telah terjadi, maka sebaiknya kamu mengevaluasi dan menghitung seluruh pengeluaran selama liburan. Dari hitungan ini, kamu dapat membuat perencanaan keuangan untuk sisa waktu sampai gajian berikutnya.

2. Bayar Cicilan Kartu Kredit

Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk beberapa keperluan saat liburan, maka langsung bayarkan tagihan sesuai nominal yang digunakan. Jangan sampai hutang tersebut berlanjut sampai bulan-bulan berikutnya.

3. Pertahankan Dana Darurat

Uang bulanan mungkin sudah terkuras untuk mendanai liburanmu, tapi sebisa mungkin jangan ganggu rekening dana darurat. Sebab, kamu tidak tahu apakah ada hal-hal mendesak yang harus dibiayai dalam waktu dekat ini. Agar dana darurat tak tersentuh, cobalah berhemat dan mengatur kembali pengeluaran sepanjang bulan ini.

4. Cermat Berbelanja

Kamu mungkin sudah berbelanja banyak saat liburan, untuk makan, tiket wisata, hingga oleh-oleh. Sebagai kompensasi agar keuangan tak berantakan, maka sekarang kamu mesti memilah-milah item apa saja yang mendesak dan dapat ditunda atau dibatalkan untuk dibeli.

(fox)