Deretan Aksi Prank Pocong Berujung Ditangkap Karena Bikin Warga Jantungan

Deretan Aksi Prank Pocong Berujung Ditangkap Karena Bikin Warga Jantungan

Polisi menangkap remaja prank pocong di Gowa Sulsel. (detikom)

Jakarta - Aksi prank hantu pocong berujung ditangkap aparat kembali terjadi. Terbaru adalah aksi prank pocong yang dilakukan oleh para remaja di Berau, Kalimantan Timur.

Aksi prank pocong yang motifnya iseng atau hanya untuk menakut-nakuti warga sudah kerap terjadi sejak 2018. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang ditangkap polisi.

Berikut ini deretan prank pocong yang berujung ditangkap polisi atau Satpol PP.

1. Prank Pocong di Pondok Labu, Jaksel

Prank pocong juga pernah bikin heboh. Salah satunya adalah prank pocong dari selebgram @erlanggs atau Rangga ini diketahui memiliki nama lengkap Erlangga Alfreda Davian. Pada pertengahan April 2018, Erlangga Alfrena Davian juga sempat berurusan dengan polisi karena nge-prank pocong hingga bikin emak-emak jantungan.

Baca juga: Netizen Kesal Kena Prank Donna-Darius

Selebgram @erlanggs saat itu melakukan aksinya bersama sekelompok teman-temannya di sebuah gang di Gang H Beden, RT 10 RW 02, Kelurahan Pondok Labu, Jakarta Selatan, pada malam Jumat, tepatnya 5 April 2018.

Dalam aksinya itu, selebgram @erlanggs atau Erlanggs berhasil menakut-nakuti warga yang melintas. Video aksi nge-prank @erlanggs dkk pun viral.

Erlangga bersama rekan-rekannya sudah merencanakan aksi prank itu. Salah seorang rekannya didandani seperti pocong untuk menakut-nakuti warga yang melintas.

Baca juga: Remaja Singapura Bikin Prank Terkena Covid Terancam Penjara

Singkat cerita, mereka menakut-nakuti seorang ibu-ibu yang melintas di gang itu. Sontak ibu-ibu yang diketahui bernama Lilis (40) itu kaget hingga memarahi Erlangs dkk. Erlanggs dkk kemudian meminta maaf.

"Kita sorry banget buat ibu-ibunya," ujar Erlangga saat itu.

 

2. Prank Pocong di Makassar

Dua remaja diciduk oleh tim Penikam Polrestabes Makassar di Jalan Banta Bantaeng sesaat setelah melakukan aksi video prank-nya. Pengakuan warga sekitar ke polisi, mereka diresahkan oleh aksi kedua remaja itu.

"Memang sih pengakuannya masyarakat, kegiatannya setiap malam itu selalu menakut-nakuti dengan menggunakan (dandanan) pocong," ujar Komandan Tim Penikam Ipda Arif Muda saat dikonfirmasi terpisah.

"Tadi malam kebetulan aksi (prank pocong) lagi, ya warga langsung melaporkan," imbuhnya.

Kedua remaja tersebut lalu diperiksa polisi. "Masih di Posko (Jatanras) diperiksa," ujar Kasatreskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko, Minggu (3/11/2019).

Kedua remaja ini mengaku hanya iseng dan hanya untuk kepentingan video prank semata. "Hanya mau saja prank," kata salah seorang pemeran hantu pocong pada Minggu (3/11/2019).

3. Prank Pocong di Semarang

Seorang remaja yang iseng berdandan pocong untuk menakuti pengguna jalan ditangkap di Semarang. Anak baru gede itu sempat berusaha kabur menggunakan kostum pocongnya saat petugas polisi datang.

Kapolsek Mijen Kompol Budi Abadi mengatakan penangkapan dilakukan dini hari tadi di depan eks Puskemas kawasan hutan jati, Mijen, Kota Semarang. Saat itu polisi sedang patroli dan mendapat laporan warga ada sekelompok remaja yang nge-prank dengan kostum pocong.

"Anggota melaksanakan giat patroli sampai di Jatisari, ada telepon warga bahwa di depan eks Puskesmas ada beberapa anak muda main pocong-pocongan," kata Budi, Minggu (10/11/2019).

Saat itu di lokasi ada remaja berinisial MF (13) yang memakai kostum pocong serta 2 temannya, RK (13) dan TG (14). Mereka berusaha kabur namun MF tak bisa kabur seperti 2 temannya karena masih memakai kostum. "Patroli piket mengamankan pelaku dan 2 remaja kabur," tandasnya.

Dari pengakuan MF, mereka melakukan aksi itu hanya untuk prank.

 

4. Prank di Jagakarsa, Jaksel

Seorang remaja berusia 14 tahun di Jagakarsa, Jakarta Selatan, sempat diamankan petugas karena nge-prank pocong. Remaja itu mengaku iseng berdandan ala pocong untuk menakut-nakuti warga.

Aksi remaja itu terjadi pada Sabtu (13/3/2021) malam. Saat itu petugas yang tengah berpatroli menemukan pelaku dan teman-temannya tengah berkumpul bermain pocong-pocongan tersebut.

"Iya jadi kita lagi patroli kan ada ngumpul ya terus mereka lagi main pocong-pocongan gitu. Jadi kita amanin," kata Kapolsek Jagakarsa Kompol Eko Mulyadi, Senin (15/3/2021).

5. Prank Pocong Duduk di Gowa

Seorang remaja berinisial MS (17) diamankan polisi gara-gara diduga membuat prank pocong di Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Prank pocong itu disebut membuat sejumlah pengendara nyaris celaka karena terkejut.

"Sempat membuat warga yang melintas pada ketakutan," ujar Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan di Mapolres Gowa Jalan Syamsuddin Tunru, Jumat (17/1/2020).

"Dia pakai pakaian putih-putih mirip pocong karena mau bikin video," sambungnya.

MS diamankan polisi saat melakukan prank pocong di dekat bundaran Samata, Jalan Mustafa Daeng Bunga, sekitar pukul 02.00 Wita dini hari tadi. Dia langsung diamankan ke Polres Gowa sambil berpakaian pocong.

"Jadi ada laporan warga ke SPKT, Polres Gowa melalui anggota Patmor langsung menindaklanjuti dengan mendatangi TKP. Diamankanlah pelaku dan barang buktinya," kata Mangantas.

Menurut Mangantas, remaja itu melakukan aksinya dengan cara duduk di pinggir jalan sambil berpakaian ala pocong. Remaja itu saat ini masih diamankan agar tak membuat resah.

"Di situ mi banyak warga yang terkejut. Jadi dia ini bikin resah," tuturnya.

"Jadi sejauh ini terduga pelaku sifatnya masih diamankan, karena belum ada korban yang membuat laporan polisi," pungkas Mangantas.

 

6. Prank Pocong di Blitar

Enam ABG di Blitar diamankan polisi. Mereka ketahuan nge-prank pemakai jalan dengan kostum pocong.

Awalnya polisi menerima laporan warga di sekitar jalan Desa Kalipucung, Kecamatan Sanankulon, Kabupaten Blitar. Mereka banyak yang ketakutan melihat penampakan pocong ketika melewati jalan desa.

Namun warga kemudian curiga karena penampakan pocong itu ditemui setiap malam hari. Mereka pun ada yang mengintip dan kecurigaan warga benar. Ternyata ada beberapa ABG sengaja memakai baju pocong untuk menakut-nakuti pemakai jalan.

"Dari laporan warga itu, kami lakukan pengecekan di lokasi. Dan memang Kamis sekitar pukul 22.15 WIB itu, ada anak memakai kain putih panjang menyerupai pocong. Satu yang pakai, melompat-lompat di jalan gitu langsung kami amankan," jawab Kapolsek Sanankulon AKP Wahono dikonfirmasi, Jumat (9/4/2021).

Ternyata, ada lima anak lain secara bergantian menjadi pocong jadi-jadian itu. Mereka memilih jalan yang gelap dan lokasinya agak menanjak, yakni di dekat lintasan rel kereta api di Dusun Sumberbuntung. Keenam anak yang berusia 15-16 tahun ini pun kemudian dibawa ke Mapolsek Sanankulon.

Dari keterangan mereka, ternyata prank pocong itu untuk konten YouTube mereka. Kegiatan iseng ini mereka lakukan, setelah waktu mereka banyak terluang karena tidak pergi ke sekolah.

7. Prank Pocong di Berau

Sebanyak 5 remaja di Berau, Kalimantan Timur, diamankan petugas Satpol PP saat kedapatan membuat konten teror video pocong. Konten tersebut dinilai sudah membuat warga takut.

Seperti dikutip dari detikSulsel, Kasatpol PP Berau Anang Saprani menyebut kelimanya diamankan di Taman Sanggam, Tanjung Redeb, Berau, pada Jumat (22/4/2022) pukul 20.00 Wita. Kala itu, kelima remaja itu baru berniat ingin membuat konten pocong.

"Waktu kami datangi ternyata pocong itu adalah lima remaja yang ingin membuat konten. Iya, kita dapat informasi awal dari warga yang melintas. Kebetulan lokasi dekat dengan kantor," kata Anang, Minggu (24/4/2022).

Anang mengungkapkan kelima remaja ini tidak sadar aksinya telah membuat warga ketakutan. Pihaknya pun kemudian memberi teguran kepada kelimanya.

"Mereka nggak kita sanksi cuma teguran. Lagi pula kegiatannya tidak terencana hanya spontan saja," kata Anang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews