Tips Mengatasi Rasa Lapar, Bibir Kering hingga Kelelahan saat Puasa

Tips Mengatasi Rasa Lapar, Bibir Kering hingga Kelelahan saat Puasa

Ilustrasi

Jakarta, Batamnews - Puasa yang dijalani selama 30 hari ini membawa perubahan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya saja waktu beristirahat hingga pola makan berubah.

Dengan adanya perubahan ini, maka tubuh membutuhkan proses adaptasi. Sehingga seringkali mengalami beberapa masalah yang mulai timbul ketika menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Berikut cara mengatasi rasa lapar, bibir kering hingga kelelahan karena puasa:

Baca juga: Ketahui Tata Cara dan Waktu Terbaik Bayar Zakat Fitrah

1. Merasa lapar

Rasa lapar adalah efek pertama yang jelas terasa begitu berpuasa Ramadan. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah memahami bagaimana perasaan lapar datang dan pergi saat puasa.

Banyak orang melaporkan bahwa kelaparan mereda setelah berpuasa beberapa hari. Pada puasa pertama hal yang wajar jika kamu merasa sangat lapar, namun rasa lapar itu akan mereda setelah kamu mulai terbiasa untuk menjalani puasa Ramadan.

Agar bisa menjalani ibadah puasa Ramadan dengan baik, kamu dapat mengatasi lapar dengan mengukur seberapa banyak makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Selain itu menyibukkan diri dan mengacuhkan segala bentuk godaan juga dapat mengatasi rasa lapar ketika sedang berpuasa.

Baca juga: 5 Kondisi Ibu Hamil yang Tak Disarankan Ikut Puasa Saat Ramadan

2. Kelelahan Fisik dan Kurang Fokus

Menjalani puasa Ramadan bukan berarti libur dalam menjalankan segala aktivitas atau pekerjaan. Tak heran kamu merasa lemas saat menjalani aktivitas dan pekerjaan mengingat sedang berpuasa dan tak ada asupan gizi yang berperan sebagai energi.

Kurang istirahat atau terlalu lelah dapat membuat tubuh lemas saat menjalankan puasa Ramadan. Jika tubuh lemas maka pikiran pun akan sulit untuk berkonsentrasi.

Ketika lapar dan haus di siang hari, maka seseorang mudah kehilangan fokus, maka sebaiknya kamu jangan tinggalkan untuk makan dan minum saat sahur.

Beberapa orang merasa berat meninggalkan kasur dan lebih memilih melanjutkan tidur ketimbang bangun untuk makan sahur. Padahal makan dan minum saat sahur memegang peranan penting untuk menjaga tubuh tetap prima saat menjalani puasa Ramadan.

3. Bibir Kering

Bibir kering dan pecah-pecah sering terjadi saat berpuasa. Hal ini adalah sangat wajar dialami karena selama lebih dari 12 jam sehari dalam satu bulan tidak makan dan minum sama sekali.

Untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah sebaiknya penuhilah kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat. Salah satu cara terbaik yaitu dengan minum banyak air putih dan mengonsumsi buah serta sayur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews