Jokowi Luncurkan BLT Minyak Goreng, Begini Cara Cek Penerima

Jokowi Luncurkan BLT Minyak Goreng, Begini Cara Cek Penerima

Ilustrasi.

Jakarta - Bantuan langsung tunai (BLT) dikucurkan Presiden Joko Widodo sebagai solusi mengatasi masalah meroketnya harga minyak goreng. Insentif ini diberikan kepada sebanyak 20,5 juta keluarga di Indonesia.

Jokowi mengungkapkan penerima BLT merupakan keluarga yang terdaftar dalam program bantuan pangan non-tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH).

"Bantuan diberikan untuk 20,5 juta keluarga, termasuk dalam daftar bantuan pangan non tunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH)," kata Jokowi.

Besaran bantuan yang dikucurkan yakni Rp 100 ribu setiap bulannya selama 3 bulan. Dana BLT minyak goreng ini dikucurkan untuk sekaligus 3 bulan pada April 2022 ini.

Dalam proses penyaluran bantuan, Jokowi meminta agar diawasi oleh Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, TNI dan Polri. Lalu, bagaimana cara mengecek penerima BLT?

Bila mengacu pada masyarakat yang berhak menerima sesuai kriteria yang dijelaskan Jokowi, yakni untuk penerima PKH, BPNT dan PKL, maka daftar penerima bisa dicek di laman penerima bansos yang disediakan Kementerian Sosial, yakni cekbansos.kemensos.go.id.

Setelah masuk ke laman tersebut, akan muncul tampilan pencarian data penerima manfaat bansos. Pencarian bisa dilakukan dengan memasukkan domisili provinsi, kabupaten, kecamatan, hingga desa atau kelurahan.

Selanjutnya masukkan nama sesuai KTP. Setelah itu, ketik 8 huruf sesuai yang diarahkan untuk melakukan verifikasi. Sistem cek bansos Kemensos ini akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah dimasukkan dalam laman tersebut.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews