Tips Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Penderita Asam Lambung

Tips Menjalankan Puasa Ramadan Bagi Penderita Asam Lambung

Ilustrasi.

Jakarta - Menjalankan ibadah puasa Ramadan merupakan kewajiban seluruh umat muslim di dunia, namun bagi penderita asam lambung menjalankan puasa menjadi tantangan yang cukup berat.

Pola dan Waktu Makan Berubah

Hal ini dikarenakan puasa membuat pola dan waktu makan berubah. Saat puasa juga perut akan kosong dalam waktu yang cukup lama, sehingga memicu asam lambung naik.

Tips menjalankan puasa bagi Anda yang memiliki asam lambung

1. Jangan melewatkan sahur

Dilansir dari Bisnis.com, saat sahur penderita asam lambung dianjurkan untuk memakan lebih banyak karbohidrat. Karbohidrat merupakan makanan yang cukup lama untuk dicerna dan sumber tenaga bagi tubuh sehingga dapat menahan rasa lapar lebih lama.

2. Tidak Menunda Buka Puasa

Bila tiba waktunya berbuka puasa, penderita asam lambung dianjurkan langsung mengisi perut, baik itu makanan atau minum air putih. Apabila menunda berbuka, asam lambung dikhawatirkan akan naik.

3. Hindari Gorengan

Buka puasa dengan gorengan memang terasa nikmat. Akan tetapi, berbuka puasa dengan aneka jenis gorengan dapat menimbulkan nyeri pada tukak lambung dan memicu kadar asam lambung yang meningkat.

4. Hindari makanan yang dilarang

Penderita asam lambung dilarang untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti cokelat, makanan berlemak, gorengan, dan beberapa jenis buah yang mengandung asam.

Dilansir dari fk.ui.ac.id, penderita asam lambung sebaiknya menghindari konsumsi makanan yang terasa asam, pedas, berlemak tinggi terutama pada saat sahur.

5. Jangan langsung tidur setelah makan

Jangan dibiasakan setelah makan langsung tidur. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

6. Minum air putih yang cukup

Saat melakukan ibadah puasa cairan akan banyak berkurang, jadi jagalah asupan cairan tubuh. Termasuk bagi penderita asam lambung. Pada saat sebelum waktu imsak, usahakan untuk minum air putih yang cukup.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews