Batam Targetkan Vaksin Booster Tercapai 50 Persen Akhir April

Batam Targetkan Vaksin Booster Tercapai 50 Persen Akhir April

Antrean warga mengakses vaksinasi booster di Maha Vihara Duta Maitreya, Sei Panas, Batam. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Animo masyarakat Batam untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 terlihat semakin tinggi, setelah Pemerintah mengumumkan bahwa vaksin booster menjadi salah satu syarat untuk mudik lebaran. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan jumlah peserta vaksinasi sebelum pengumuman tersebut dan setelahnya mengalami peningkatan signifikan. 

"Setelah pemerintah pusat mewajibkan vaksin lengkap dan booster sebagai syarat perjalanan, animo masyarakat kota Batam untuk vaksinasi meningkat,” ujar Didi, Selasa (29/3/2022). 

Ia menyebutkan animo masyarakat yang tinggi itu terlihat ketika pelaksanaan vaksinasi di berbagai sentra vaksinasi yang ada, seperti di Grand Batam Mal, Mal Botania, One Batam Mal serta sentra lainnya. 

Melihat meningkatnya animo masyarakat itu pihaknya terus berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta pihak swasta lainnya untuk mendukung vaksinasi booster bagi masyarakat kota Batam.

"Sentra atau Gerai Vaksin Booster juga sdh kami siapkan di Puskesmas, Polsek, Mall dan program mobile vaksinasi," katanya.

Pihaknya menargetkan 30 persen penduduk dewasa yang masuk usia di atas 18 tahun bisa tercapai pada akhir Maret. Dan pada akhir April diharapkan tercapai 50 persen. 

Hingga 27 Maret 2022, vaksin booster telah tercapai 29,12 persen yaitu berjumlah 229.893 orang, dengan rincian tenaga kesehatan (nakes) berjumlah 7.483 orang, lanjut usia (lansia) berjumlah 7.017 orang, masyarakat umum berjumlah 151.165 orang dan pelayanan publik berjumlah 64.228 orang. 

Sedangkan untuk sasaran vaksin booster berjumlah 789.451 orang. Data tersebut diperoleh dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).
 

(ret)
Komentar Via Facebook :