Setelah Jantung, Ahli Bedah AS Sukses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Setelah Jantung, Ahli Bedah AS Sukses Transplantasi Ginjal Babi ke Manusia

Ilustrasi.

Alabama - Ahli bedah dari Universitas Alabama di Birmingham (UAB), Amerika Serikat sukses mentransplantasikan dua ginjal babi ke satu pasien.

Kesuksesan ini dua minggu setelah keberhasilan operasi pertama di dunia yakni transplantasi jantung babi di Maryland, AS.

Dilansir Daily Mail, ujicoba transplantasi ginjal babi ini diterapkan ke manusia yang telah meninggal dunia. Adalah jasad Jim Parsons, 57, dari Huntsville, Alabama yang meninggal pada September dijadikan objek dalam operasi ini.

Setelah mendapat izin dari anggota keluarga, peneliti dari universitas tersebut melakukan operasi transplantasi pada Parsons empat hari kemudian.

Ahli bedah mengangkat ginjal pasien, sementara darahnya masih mengalir sebelum diberikan dua organ babi yang dimodifikasi secara genetik.

Setelah tiga hari operasi, ginjal babi berhasil menyaring darah, mengeluarkan urin dan terlihat cocok dengan tubuh manusia.

Direktur Institut Transplantasi Komprehensif di UAB, Prof. Jayme Locke mengatakan operasi tersebut menunjukkan bagaimana proses xenotransplantasi, yang merupakan transfer sel hidup, jaringan atau organ dari satu spesies ke spesies lain, dapat mengatasi krisis kekurangan organ di seluruh dunia.

Menurutnya, anatomi dan fisiologi jantung babi mirip dengan manusia yang dapat digunakan sebagai model untuk mengembangkan perawatan baru.

(dod)