Heboh Drama Pemilihan Ketua RW Seruni Indah Batam Dibatalkan Lurah

Heboh Drama Pemilihan Ketua RW Seruni Indah Batam Dibatalkan Lurah

Warga Taman Seruni Indah berdebat dengan Lurah Teluk Tering di sela ricuh pemilihan Ketua RW. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Ribut-ribut pemilihan Ketua RW 04 di Perumahan Taman Seruni Indah, Kelurahan Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota, Senin (18/1/2022) malam jadi sorotan warga se-Kota Batam. 

Drama dalam proses yang terjadi saat panitia yang sudah dibentuk warga dinyatakan gagal prosedur oleh pihak kelurahan. Hasil pemilihan dibatalkan pihak kelurahan yang datang bersama unsur TNI/Polri.

Baca juga: Pemilihan Ketua RW Taman Seruni Indah Batam Ricuh

Warga pun protes dengan sikap yang ditunjukkan pihak kelurahan. Mereka merasa ada yang janggal dengan hal ini. Apalagi kelurahan meminta dilakukan pemilihan ulang. 

 "Apa maksud lurah dan camat? Panitia masih ada SK tapi pemilihan diambil alih oleh camat. Apa maksudnya ini?," ujar Ketua Panitia, Johnson Simanjuntak.

Sementara protes warga diabaikan oleh lurah setempat. Hanya saja warga tidak mengetahui prosedur apa yang dianggap menyalahi aturan

"Kita dinyatakan gagal prosedur, tapi tidak diketahui apa yang gagal. Kalau panitia gagal prosedur bubarkan lah panitia. Tak ada penjelasan dari camat dan lurah," ujarnya.

Menurut Johnson pihak kelurahan mempermasalahkan SK kepanitiaan, bakal calon RW hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Celakanya, ada alasan baru, yakni DPT yang katanya tidak semua RT memberikan daftar pemilih.Sehingga bagi camat ini merupakan sesuatu kejanggalan. Padahal kan tidak sama sekali," kata Johnson.

Baca juga: Catat! Pindah Domisili Dalam Kota Tak Perlu Surat Keterangan RT/RW

Mereka ingin pihak kelurahan atau kecamatan memberikan SK tertulis jika akan dilakukan pemilihan ulang. Hanya saja itu tidak ada.

Panitia yang merasa sudah melakukan sesuai prosedur menunggu surat pemilihan ulang itu. Mereka siap melaporkan surat tersebut jika menyalahi UU. Panitia juga mendapat dukungan warga.

Ada 4 calon dalam pemilihan ini, Yakni Susanto Siregar, Irzal Chani Putra, John Nelson dan Herianto. Nama terakhir digugurkan panitia karena sudah menjabat selama dua kali. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews