Pemilihan Ketua RW Taman Seruni Indah Batam Ricuh

Pemilihan Ketua RW Taman Seruni Indah Batam Ricuh

Warga Taman Seruni Indah berdebat dengan Lurah Teluk Tering di sela ricuh pemilihan Ketua RW. (Foto: Juna/batamnews)

Batam, Batamnews - Pemilihan Ketua RW 04 di Perumahan Taman Seruni Indah, Kelurahan Teluk Tering, Kecamatan Batam Kota diwarnai kericuhan antara panitia, warga dan juga pemerintah.

Lurah Teluk Tering yang didampingi aparat TNI dan Polri, diberondong protes bertubi-tubi dari warga. 

Ricuh berlangsung pada Senin (18/1/2022) malam tadi. Aksi protes warga dan panitia yang terkesan diabaikan saat pemilihan Ketua RW itu oleh lurah dan camat setempat.

"Apa maksud lurah dan camat? Panitia masih ada SK tapi pemilihan diambil alih oleh camat. Apa maksudnya ini?," ujar Ketua Panitia, Johnson Simanjuntak.

Ada beberapa persolan dalam dalam pemilihan Ketua RW di perumahan tersebut. Pemerintah menyatakan jika panitia pelaksana gagal prosedur, namun lurah tak bisa menjelaskan alasannya.

"Kita dinyatakan gagal prosedur, tapi tidak diketahui apa yang gagal. Kalau panitia gagal prosedur bubarkan panitia. Tak ada penjelasan dari camat dan lurah," ujarnya.

Selain itu, ada persoalan mengenai SK kepanitiaan, bakal calon RW hingga Daftar Pemilih Tetap (DPT) menurut lurah dan camat.

"Celakanya, ada alasan baru yakni DPT yang katanya tidak semua RT memberikan daftar pemilih sehingga bagi camat ini merupakan sesuatu kejanggalan. Padahal kan tidak sama sekali," kata Johnson.

Pada malam itu, ditetapkan juga bahwa akan dilakukan pemilihan ulang. Tapi, panitia dan warga setempat meminta lurah dan camat untuk memberikan alasan secara tertulis perihal diulangnya proses pemilihan.

"Jadi dikatakan bahwa dilakukan pemilihan ulang. Tapi kami dari panitia dan warga menjelaskan bahwa ada alasan (pemilihan ulang) yang diberikan lewat surat tertulis," kata dia.

Johnson mengaku panitia pelaksana akan menunggu surat dari yang bersangkutan. Warga juga sepakat jika menyalahi aturan akan dilaporkan.

"Kita akan tunggu surat dari mereka. Warga sepakat kalau surat itu menyalahi UU maka akan dilaporkan. Jadi bukan masalah panitia lagi, tapi warga pun juga marah," katanya.

Untuk diketahui, RW 04 Perum Taman Seruni memiliki 4 calon. Yakni Susanto Siregar, Irzal Chani Putra, John Nelson dan Herianto yang digugurkan karena sudah menjabat 2 kali.

Perundingan antara warga, panitia dan lurah setempat cukup alot. Cekcok terjadi, untungnya tidak sampai adu jotos.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews