Batam Belum Terapkan Belajar Tatap Muka 100 Persen, Amsakar Ungkap Penyebab

Batam Belum Terapkan Belajar Tatap Muka 100 Persen, Amsakar Ungkap Penyebab

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Batam, Batamnews - Pembelajaran tatap muka (PTM) di Batam, Kepulauan Riau belum dibuka 100 persen pada semester baru tahun 2022. Penerapan PTM masih seperti sebelumnya, yakni hanya untuk kapasitas 50 persen.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan PTM di Batam menyesuaikan dengan ketentuan tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pengendalian Covid-19. Saat ini status Batam masih pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1.

"Jadi belum 100 persen memang. Karena kami masih harus berhati-hati soal keselamatan dan kenyamanan anak di sekolah," ujarnya, Selasa (4/1/2022).

Amsakar mengaku beberapa daerah lain memang sudah siap menerapkan belajar tatap muka 100 persen. Namun khusus Batam, masih menunggu arahan dan melihat perkembangan kasus Covid-19.

Ia menjelaskan kasus Covid-19 di Batam masih terus turun, bahkan nol kasus, tetapi terkadang ada temuan satu atau dua kasus setiap hari.

"Belum ada varian baru, meskipun Batam menjadi salah satu pintu masuk bagi pemulangan PMI. Ancaman gelombang ketiga tetap harus diwaspadai," ujarnya.

Untuk itu, sementara waktu pembelajaran tatap muka masih digelar terbatas. Ia berharap kondisi ini terus membaik, sehingga semua aktivitas bisa kembali normal.

Ia mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, termasuk di sekolah. Guru diminta mengawasi jalannya belajar tatap muka ini. Meskipun masih terbatas, anak tetap harus diperhatikan, dan dipastikan bebas dari serangan virus ini.

"Bersama-sama kita jaga lingkungan pendidikan ini. Kalau sudah 100 persen kondisi pulih, pasti sekolah juga akan berdampak untuk sistem pembelajaran mereka," kata dia.
 

(ret)