Ada 77 Ribu Penduduk Kota Batam Masuk Kategori Miskin

Ada 77 Ribu Penduduk Kota Batam Masuk Kategori Miskin

Ilustrasi permukiman penduduk di Batam.

Batam, Batamnews - Tingkat kemiskinan penduduk di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) secara tahun ke tahun mengalami peningkatan jumlah maupun persentasenya.

Pada Maret 2021, jumlah penduduk miskin di Batam mencapai 77.000 orang. Dibandingkan Maret 2020 lalu, angka kemiskinan meningkat sekitar 10.000 orang.

"Angka tersebut berdasarkan update yang baru saja kami lakukan. Angka kemiskinan di Kota Batam mengalami peningkatan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam, Rahmad Iswanto, Selasa (4/1/2022).

Sementara itu, persentase penduduk miskin di Batam pada Maret 2021 mencapai 5,05 persen. Peningkatan persentasenya tak begitu besar, dibandingkan Maret tahun lalu yang kini hanya meningkat 0,30 persen saja.

Memang perkembangan garis kemiskinan periode Maret 2011-Maret 2021 menunjukkan tren yang selalu meningkat.

Garis kemiskinan pada Maret 2011 hanya Rp 443.164 per kapita. Sedangkan pada Maret 2021 mencapai Rp 740.109 per kapita. Jika di persentasekan, besaran tersebut meningkat 67 persen dibandingkan kondisi Maret 2011.

"Garis kemiskinan adalah gambaran besarnya nilai rata-rata rupiah minimum per bulan yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhannya agar tidak dikategorikan miskin. Garis kemiskinan Kota Batam selalu lebih tinggi dibandingkan garis kemiskinan Provinsi Kepulauan Riau dan garis kemiskinan Indonesia," ujar Rahmad.

Rahmad mengatakan, persoalan kemiskinan bukan hanya sekedar berapa jumlah dan persentase penduduk miskin. Dimensi lain yang perlu diperhatikan adalah tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan itu.

"Selain harus mampu memperkecil jumlah penduduk miskin, kebijakan kemiskinan juga sekaligus harus bisa mengurangi tingkat kedalaman dan keparahan dari kemiskinan," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews