Politeknik Negeri Batam Raih Predikat ZI-WBK/WBBM

Politeknik Negeri Batam Raih Predikat ZI-WBK/WBBM

Polibatam

Batam, Batamnews - Setelah melalui proses panjang, Politeknik Negeri Batam kini memperoleh predikat Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK/WBBM) dari Menpan-RB.

Pada tahun 2010, Berdasarkan Perpres Nomor 81 Tahun 2010, pemerintah Indonesia telah mencanangkan Reformasi Birokrasi. 

Baca juga: Senangnya Wako Rudi Politeknik Batam Juara Bikin Robot

Reformasi Birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance dan melakukan pembaharuan serta perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan pada beberapa area yaitu organisasi, tata laksana, sumber daya manusia aparatur, peraturan perundangan, pengawasan, akuntabilitas, pelayan publik dan budaya kerja aparatur.

Salah satu bentuk reformasi birokrasi adalah pembangunan ZI-WBK/WBBM. Ini merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang memenuhi kriteria manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan penguatan akuntabilitas kinerja. Khusus untuk WBBM ada tambahan yaitu penguatan pelayanan publik.

"Untuk memperoleh predikat itu, Polibatam telah melalui proses yang panjang untuk selalu berbenah diri," kata Dosen sekaligus Kepala Satuan Pengawasan Internal Polibatam, Sinarti SE MSc Ak CA, Senin (20/12/2021).

Diceritakannya, dimulai pada tahun 2006 dengan menerapkan ISO 9001. Selanjutnya pada tahun 2017 menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kemudian tahun 2018 menerapkan pelayanan satu pintu.

"Tahun 2020 Polibatam bekerjasama dengan BPKP Perwakilan Kepulauan Riau (Kepri) membangun Fraud Control Plan, dan pada tahun 2021 mengikuti seleksi ZI-WBK," katanya.

Proses seleksi melalui beberapa tahap yaitu: Penilaian oleh Tim Penilai Internal di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemristekdikti) secara berjenjang serta pengusulan unit beserta lembar kerja evaluasinya ke PMPZI. 

Lalu, penilaian dan pengecekan persyaratan minimum dan pemenuhan oleh sistem, validasi persyaratan pengajuan unit kerja, survei eksternal persepsi kualitas pelayanan publik dan persepsi anti korupsi yang dilakukan secara online bersamaan dengan validasi hasil survei oleh pihak ketiga.

"Setelah itu dilakukan desk evaluation secara daring dan verifikasi lapangan melalui mystery shopper. Tim penilai dari Menpan RB juga meminta data dari instansi terkait diantaranya KPK, Ombudsman, Komisi Yudisial, Kompolnas, Komjak, Bareskrim," ujar Sinarti yang juga sebagai Koordinator Lapangan Tim Pembangunan ZI-WBK Polibatam.

Baca juga: Wabup Roby Bahas Peningkatan SDM Bintan Bareng Politeknik Batam

Kemdikbudristek untuk Ditjen Pendidikan Vokasi mengusulkan sebanyak 21 Satker untuk ZI-WBK termasuk Politeknik Negeri Batam dan 1 satker untuk ZI-WBBM.

Sedangkan untuk Ditjen Pendidikan Tinggi sebanyak 61 satker untuk ZI-WBK sehingga total yang diusulkan dari kedua Ditjen ini adalah 83 Satker ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB.

"Akhirnya pada tanggal 15 Desember diumumkan 17 Satker di bawah Ditjen Pendidikan Vokasi dan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbudristek meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi  termasuk Polibatam yang akan menerima penghargaan melalui daring pada hari Senin 20 Desember 2021," kata dia.

Sampai saat ini, Politeknik yang memperoleh predikat ZI-WBK baru tiga, yaitu Politeknik Negeri Bandung pada tahun 2020, lalu Politeknik Manufaktur Bandung tahun 2021 dan Politeknik Negeri Batam.

Baca juga: Pemkab Bintan Gandeng Politeknik Batam Tingkatkan Kualitas SDM

"Ini merupakan salah satu prestasi yang sangat membanggakan yang kami ukir di tahun 2021 sekaligus merupakan amanah yang besar bagi kami untuk senantiasa mempraktikkan good governance dan memberikan pelayanan prima kepada semua pihak," ujar Sinarti.

Penerapan Zi-WBK ini, lanjutnya, terwujud karena partisipasi dari semua pihak dimulai dari komitmen yang tinggi dari manajemen Polibatam, semua unit dan bagian yang ada di Polibatam. Tanpa terkecuali juga mahasiswa, mitra industri, masyarakat, instansi pemerintah dan media massa.

"Semoga Polibatam bisa mengemban Amanah ini dengan baik dan selanjutnya bisa mengikuti Seleksi Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani atau ZI-WBBM," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews