Sejumlah Aplikasi Tumbang Terdampak Kebakaran Gedung Cyber

Sejumlah Aplikasi Tumbang Terdampak Kebakaran Gedung Cyber

Ilustrasi server. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Kebakaran Gedung Cyber 1 di Jakarta pada Kamis (2/12/2021) berdampak luas bagi layanan digital di Indonesia. Sejumlah aplikasi yang data centernya berada di gedung 11 lantai itu melaporkan layanan mereka down.

Dilansir kumparan, layanan digital yang tumbang diantaranya aplikasi broker Ajaib dan Indo Premier Sekuritas (IPOT) tak bisa diakses pengguna. 

Tak hanya itu, penyedia layanan web hosting Niagahoster dan Rumahweb, game Ragnarok Online, provider internet PT Inet Global Indo, dan kantor berita Antara juga mengumumkan gangguan akibat kebakaran Gedung Cyber, yang menjadi tempat data center mereka.

Termasuk, sejumlah situs layanan berita di daerah juga tumbang lantaran server mereka menginduk pada layanan web hosting yang berbasis di Gedung Cyber.

Menurut Kasudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Herbert P. L. Gaol, kebakaran Gedung Cyber 1 berasal dari ruang server. Diduga terjadi korsleting di sana. 

Insiden kebakaran ini telah berhasil dipadamkan pada Kamis (2/12) sore, setelah 40 buah mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Insiden ini menewaskan dua korban jiwa.


Berita Terkait