Manuskrip Teori Relativitas Albert Einstein Terjual Rp 1,7 Triliun

Manuskrip Teori Relativitas Albert Einstein Terjual Rp 1,7 Triliun

Albert Einstein. (Foto: ist)

Paris - Sebuah manuskrip berisi perhitungan teori relativitas milik Albert Einstein laku terjual 11 juta euro atau setara Rp 1,761 triliun dalam lelang yang digelar di rumah lelang Christie Paris.

Teori relativitas Einstein diterbitkan pada tahun 1915, mengubah pemahaman manusia tentang ruang, waktu, dan gravitasi. Sementara naskah ditulis antara tahun 1913 dan 1914 oleh Einstein dan rekannya dari Swiss, Michele Besso, yang kini menyimpan dokumen tersebut.

Rumah lelang Christie memuji Besso atas inisiatifnya yang telah menyelamatkan dan menyimpan manuskrip dengan sangat baik.

"Einstein adalah orang yang jarang menyimpan catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita membuatnya luar biasa," ujar Vincent Belloy, seorang ahli di rumah lelang sebagaimana dikutip BBC.

Belloy mengatakan, makalah tersebut berisi perhitungan yang ditulis tinta berwarna hitam, menunjukkan sejumlah kesalahan dalam perumusan teori relativitas. Sementara pihak rumah lelang Christie’s mengatakan, penjualan manuskrip telah menarik perhatian para kolektor di seluruh dunia yang mengakui pentingnya dokumen tersebut.

Kendati begitu, pembeli dokumen setebal 54 halaman sampai saat ini belum dipublikasikan. Teori relativitas Einstein sendiri menjelaskan kelahiran alam semesta, orbit planet, dan lubang hitam.

Mei lalu, sebuah surat yang ditulis Einstein berisi persamaan teori yang terkenal, E=mc², juga terjual dengan harga fantastis, yakni sekitar 1,2 juta dollar atau setara Rp 12 miliar.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews