Mengenal Jenis Kanker Langka yang Bikin Ari Lasso Kehilangan Rambut

Mengenal Jenis Kanker Langka yang Bikin Ari Lasso Kehilangan Rambut

Ari Lasso saat menjalani kemoterapi. (Foto: Instagram)

Jakarta - Penyanyi Ari Lasso membuat publik tersentak dengan tampilan barunya. Tak berambut alias gundul.

Kondisi ini dialaminya setelah eks vokalis Dewa 19 itu menjalani kemoterapi akibat kanker yang dialaminya. Ari Lasso diketahui mengidap kanker limfoma langka.

“Memberanikan diri posting. Sudah chemo ke 3, sudah separuh jalan, bisa menjalani tentu karena penyertaan TUHAN dan doa serta suport kalian smua. ❤️ Ya, sy sudah gundul sperti @ahmaddhaniofficial @mastercorbuzier @duniamanji, tapi saya yakin msh bisa tumbuh n gondrong lagi.” Tulis Ari Lasso di laman Instagramnya (16/11/2021).

Melalui kanal YouTubenya dan lewat video podcast Deddy Corbuzier, Ari Lasso menjelaskan tentang penyakit yang kini diidapnya.

Baca: Penampakan Ari Lasso Usai Jalani Kemoterapi Kanker

Setelah jalani operasi pengangatan tumor perut, Ari Lasso bagikan cerita perihal penyakit yang diidapnya lewat kanal YouTube pribadinya. Ari Lasso menceritakan bahwa penyakitnya diawali dari rasa sakit pada perut yang tidak biasa. Rasa sakit itu semakin menjadi pada 4 Agustus 2021 hingga dibawa ke rumah sakit.

"Akhirnya aku dianterin sama anak yang paling tua ke rumah sakit ke UGD di rumah sakit Bintaro dan diberi obat anti rasa sakit dengan diagnosis aku ngomongnya sih asam lambung. Setelah itu sakit berkurang, sorenya di USG, jadi syuting hari itu batal begitu saja," papar mantan vokalis Dewa 19 ini dalam video yang dunggah Senin (6/9/2021).

Setelah melakukan sejumlah pemeriksaan, hasil USG menunjukkan ada yang tidak beres dengan organ dalam tubuhnya. Dokter mencurigai ada tumor.

"Hasil USG inilah yang mengubah bulan Agustus ini menjadi bulan yang tidak terbayangkan selama seumur hidup sebagai manusia, Ari Lasso sebagai tubuh yang mempunyai organ yang harus sehat," tuturnya.

Lebih lanjut Ari Lasso menjelaskan tentang penyakit yang diidapnya. Penyanyi kelahiran 1973 ini pun detail menjelaskan secara rinci istilah medisnya.

"Ada sebuah massa padat atau tumor, sel yang tumbuh di luar kewajaran di dalam limpa. Esoknya dilakukan lagi CT Scan abdomen, jadi aku puasa, dimasukin obat-obatan kontras, kemudian minuman kontras juga," tuturnya.

"Secara kedokteran namanya primary spleen jadi limpa primer, tumor pada lipa primer. Ini cukup langka karena biasanya limpa itu benjol, atau tumor karena kelainan darah atau kelainan kelenjar getah bening di ketiak ya, orang sering pingsan," Lanjutnya.

Ari Lasso juga menjelaskan bahwa penyakit yang diidapnya merupakan penyakit yang cukup langka dan sangat jarang.

"Nah kalau aku langsung di limpanya, kasusnya cukup langka sangat jarang, dua di antara orang-orang yang bermasalah [sic] dengan kelenjar getah bening yang ngalami kayak aku cuma dua," ujarnya.

Harus Operasi

 

Dalam istilah medis ia mengalami penyakit diffuse large B-cell lymphoma (DLBCL). Ari Lasso pun dijadwalkan menjalani operasi pada 20 Agustus 2021. Dia menjelaskan teknik pembedahannya, apakah dengan laparoskopi (operasi dengan minim sayatan untuk memasukkan alat), atau dengan metode bedah terbuka.

"Sampai pada akhirnya diputuskan lakukan operasi pengambilan, ada beberapa skenario yaitu pakai, laparoskopi diambil tumornya saja, kemudian laparoskopi diambil sama limpanya. Atau apabila terjadi hal di luar kontrol terpaksa dilakukan pembedahan total," tuturnya.

Melalui laman Instagramnya, Ari Lasso unggah kondisi dirinya pasca operasi yang pada saat itu sudah kian membaik. Setelah operasi, pada Senin (13/9/2021) pelantun tembang Bayang-Bayang ini kemudian menjalani PET scan atau Tomografi Emisi Positron (PET) scan. PET scan yaitu pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mendeteksi suatu penyakit tertentu di dalam tubuh dengan melihat fungsi jaringan atau organ.

Setelah menjalani operasi, sang penyanyi memberanikan diri untuk menjelaskan perihal penyakitnya di vlog podcast Deddy Corbuzier. Melanjutkan klarifikasi soal penyakitnya, Ari Lasso langsung meminta agar Deddy Corbuzier dan semua masyarakat tak berbelas kasihan kepadanya atas kondisi kesehatannya.

"Jangan kasihani gue, tapi jangan menertawakan juga," tegas Ari Lasso.

"Jadi gua kena kanker sangat langka," sambungnya.


Berita Terkait